Akuarium

10 Manfaat Akuarium Ikan Hias yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Akuarium Ikan Hias yang Perlu Anda Ketahui

Akuarium ikan hias bukan hanya sekedar hobi yang menyenangkan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat positif bagi kesejahteraan dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menikmati keindahan tubuh ikan, ternyata ada banyak manfaat akuarium ikan hias, bahkan salah satunya dapat menjadi terapi pengobatan. 

Baca Artikel Sejenis: Begini Susunan Filter Akuarium yang Benar. Anda Sudah Tahu?

10 Manfaat Akuarium Ikan Hias yang Perlu Anda Ketahui

Dalam artikel kali ini kami akan memaparkan 10 manfaat akuarium ikan hias yang perlu untuk Anda ketahui, terutama bagi para pecinta akuarium. Apa saja itu? Yuk, langsung saja menuju pembahasan 10 manfaat tersebut.

1. Peningkatan Kesejahteraan Mental

Melihat gerakan lembut ikan dalam akuarium dapat memberikan efek menenangkan bagi pikiran dan tubuh. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa observasi ikan dapat meredakan stres dan meningkatkan mood. 

Warna-warna cerah dan beragam dari ikan hias juga dapat memberikan stimulus visual yang menyenangkan dan membantu meredakan kecemasan.

2. Fokus dan Ketenangan

Merawat dan mengamati ikan dalam akuarium dapat menjadi kegiatan meditatif yang akan meningkatkan fokus dan ketenangan. Aktivitas sederhana seperti memberi makan ikan atau membersihkan akuarium dapat membantu meredakan pikiran yang kacau dan memberikan momen ketenangan dalam kehidupan sehari-hari yang sibuk.

3. Stimulasi Sensorik

Akuarium merupakan sumber stimulasi sensorik yang kaya. Suara air yang lembut, gerakan ikan yang halus, dan warna-warna cerah dari tanaman dan ornamen akuarium memberikan rangsangan multisensorik yang dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Ini terbukti bermanfaat terutama untuk anak-anak dan orang dewasa dengan gangguan sensorik.

4. Pendidikan dan Koneksi dengan Alam

Mengajak anak-anak untuk merawat akuarium tidak hanya mengajarkan tanggung jawab, tetapi juga memberikan pengenalan awal tentang ekosistem dan keanekaragaman hayati. Anak-anak dapat belajar tentang siklus hidup ikan, interaksi antara organisme dalam akuarium, dan pentingnya menjaga lingkungan.

5. Menciptakan Lingkungan Positif di Rumah

Akuarium ikan hias dapat meningkatkan atmosfer di rumah. Dengan memilih dekorasi dan pencahayaan yang tepat, akuarium dapat menjadi elemen desain interior yang menarik dan menciptakan suasana yang tenang dan indah. 

Akuarium ikan hias dapat menjadi pusat perhatian yang memperkaya estetika ruang tamu atau ruangan lainnya.

Baca Artikel Sejenis: Begini Cara Menciptakan Ekosistem Fish Tank yang Ideal

6. Mengurangi Rasa Kesepian

Bagi mereka yang tinggal sendiri atau mengalami rasa kesepian, akuarium dapat menjadi teman yang menyenangkan. Ikan hias tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga memberikan perasaan adanya kehadiran hidup di sekitar Anda. 

Beberapa orang merasa bahwa merawat ikan dapat memberikan perasaan tanggung jawab dan tujuan hidup.

7. Terapi untuk Anak-anak dengan Kondisi Kesehatan tertentu

Akuarium telah digunakan sebagai bentuk terapi untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau kondisi kesehatan tertentu. Pergerakkan ikan dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi sosial dan konsentrasi pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme.

8. Hiburan yang Interaktif

Akuarium juga dapat menjadi sumber hiburan yang interaktif. Penggemar akuarium sering merasakan kegembiraan ketika ikan-ikan mereka menunjukkan perilaku unik, seperti bermain atau mencari makan. Ini dapat menciptakan ikatan antara pemilik dan ikan, memberikan kegembiraan dan kepuasan.

9. Mengurangi Tekanan Darah dan Detak Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melihat akuarium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Efek menenangkan dari pergerakkan ikan dapat merangsang respons relaksasi dalam tubuh, membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental.

10. Mendorong Kreativitas dalam Desain Akuarium

Pemilihan dekorasi, tanaman, dan ikan untuk akuarium dapat menjadi bentuk ekspresi kreatif. Merancang dan merawat akuarium dapat memacu imajinasi dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan desain dan seni. 

Baca Artikel Sejenis: Ini 5 Risiko Filtrasi yang Buruk Pada Akuarium Anda

5 Jenis Akuarium yang Umumnya Digunakan Untuk Ikan Hias

Setelah Anda mengetahui banyaknya manfaat yang didapatkan dari memiliki akuarium ikan hias, tentunya ada ketertarikan untuk memilikinya di rumah Anda. Bagi Anda yang masih pemula, kami akan memberikan rekomendasi 5 jenis akuarium ikan yang banyak dimiliki para penghobi ikan hias.

1. Paludarium

Paludarium adalah kombinasi dari akuarium dan vivarium, menciptakan lingkungan yang cocok untuk ikan dan tanaman yang biasa hidup di air dan darat. 

Paludarium

Desain ini menawarkan lanskap yang lebih kompleks dengan elemen daratan, air, dan tanaman yang menciptakan ekosistem yang lebih mirip habitat alami.

Baca Artikel Sejenis: Mengenal Paludarium Mini, Seni Kreativitas di Ruang Terbatas

2. Terrarium

Terrarium berasal dari gabungan kata dalam bahasa Latin, yakni “tera” yang artinya bumi atau daratan, dan “arium” yang mengacu pada ruang atau wadah. Oleh karena itu, terrarium merujuk pada ekosistem buatan yang terbentuk di dalam suatu wadah. 

Terrarium

Secara umum, wadah ini dihuni oleh makhluk hidup yang berasal dari daratan, bukan dari perairan, seperti tanaman rumput atau sukulen.

3. Vivarium

Merupakan suatu ruang buatan yang menciptakan ekosistem darat dan laut secara bersamaan. Vivarium umumnya ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan, menciptakan suasana mirip hutan buatan.

Vivarium

4. Riparium

Riparium merupakan salah satu kategori akuarium yang difokuskan pada tanaman darat. Akuarium jenis ini menciptakan habitat yang ideal untuk pertumbuhan tanaman dan sekaligus menampilkan pemandangan yang menakjubkan.

5. Akuarium

Akuarium adalah suatu ekosistem air yang diciptakan di dalam suatu wadah. Jenis ini yag umumnya digunakan untuk menampung ikan hias dan tanaman air. Selain itu, akuarium juga ideal sebagai lingkungan alami untuk menciptakan habitat bagi ikan.

Akuarium

Dari kelima akuarium tersebut manakah yang akan menjadi pilihan Anda? apapun itu, pastikan  Anda Memilih akuarium yang tepat, yang sesuai dengan anggaran dan ruangan yang tersedia. 

Tidak hanya itu, Anda juga perlu untuk merawat akuarium dengan konsisten, karena kalau tidak, akan membahayakan penghuni yang terdapat di dalamnya. Salah satu cara merawat akuarium dengn benar adalah dengan mempertahankan kondisi air agar tetap nyaman untuk tempat tinggal makhluk di dalamnya.

Baca Artikel Sejenis: Alasan Air Bersih Penting Untuk Makhluk Hidup

Untuk itu sangat direkomendasikan Anda memiliki Matala filter media, yaitu media filter mekanis yang memiliki tingkat penyaringan kotoran dan bakteri sangat tinggi untuk membantu kinerja media biologis dalam proses filtrasi air pada kolam atau akuarium, dan memiliki 4 warna dengan tingkat kerapatan dan fungsi  sebagai berikut :

Matala Filter Media_Spesifikasi
  • Warna hitam:

Memiliki tingkat kerapatan 1.7 mm.  Berfungsi untuk media mekanis, biologis, dan penyaring kotoran besar.

  • Warna Hijau:
    Memiliki tingkat kerapatan 0.9 mm.  Berfungsi untuk media mekanis, biologis, dan penyaring kotoran besar, dan  penyaring kotoran sedang.
  • Warna Biru:

Memiliki tingkat kerapatan 0.55 mm.  Berfungsi untuk media mekanis, biologis, dan penyaring kotoran sedang, dan penyaring kotoran kecil.

  • Warna Abu-Abu:

Memiliki tingkat kerapatan 0.5 mm.  Berfungsi untuk media mekanis, biologis, dan penyaring kotoran kecil.

Baca Artikel Lainnya: Ini Tantangan Penghobi Ikan Hias dan Trennya di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *