Ikan Hias

5 Ikan Hias Asli Indonesia yang Diekspor Ke Luar Negeri

5 Ikan Hias Asli Indonesia yang Diekspor Ke Luar Negeri

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beraneka ragam kekayaan alam.  Keindahan alamnya melahirkan berbagai spesies ikan hias asli Indonesia yang memukau. Setiap spesiesnya mencerminkan keunikan alam Indonesia. 

Bahkan keindahan ikan hias Indonesia ini banyak menarik minat pecinta ikan hias di mancanegara. Tidak heran, dari tahun ke tahun ekspor ikan hias  ke luar negeri terus meningkat. 

Jika Anda termasuk salah satu yang tertarik, berikut ini beberapa informasi yang perlu anda ketahui untuk mengenal lebih dalam mengenai ikan hias yang memiliki habitat di wilayah perairan Indonesia.

Baca Artikel Sejenis: Ini Tantangan Penghobi Ikan Hias dan Trennya di Indonesia

5 Ikan Hias Asli Indonesia yang Banyak Di Ekspor Ke Luar Negeri

Indonesia, salah satu produsen ikan hias terbesar di dunia, mengalami pertumbuhan ekspor yang signifikan, dan hal ini menjadi fokus utama para pengusaha ikan hias. 

Negara-negara tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia diantaranya adalah Jepang, Hongkong, Amerika Serikat, Vietnam, dan Tiongkok. Keunikan corak dan warna ikan-ikan hias Indonesia menjadi daya tarik utama di pasar internasional.

Namun, pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja lima ikan hias Indonesia paling diminati dan langganan ekspor? Inilah rincian lima besar ikan hias yang menjadi primadona ekspor luar negeri.

1. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana, juga dikenal sebagai Siluk, Kayangan Naga, Tangklesa, dan Kelesa, memikat pasar internasional dengan kecantikan bentuknya, keanggunan berenangnya, dan variasi nama yang menggambarkan keunikan budaya setiap daerah. 

Spesies ikan hias arwana yang berasal dari Indonesia, yaitu Arwana Kalimantan (Scleropages formus) dan ikan siluk Irian (Scleropages jardinii), memiliki daya tarik yang signifikan di pasar global.

2. Ikan Botia

Ikan Botia atau Clown Loach, endemik Indonesia, terutama ditemukan di perairan tawar Kalimantan dan Sumatera. Mereka termasuk ikan hias yang cocok di aquarium.

Ikan Botia

Dengan tubuh pipih dan bulat memanjang, serta warna oranye yang mencolok, ikan ini menjadi langganan ekspor untuk negara-negara seperti Prancis, Denmark, Jerman, AS, Australia, dan Jepang.

3. Ikan Cupang

Ikan cupang, dengan nama latin Betta sp., memperlihatkan keanekaragaman jenis yang luar biasa di kawasan Asia Tenggara, termasuk salah satu jenis yang berasal dari Indonesia, yaitu Betta channoides. 

Ikan Cupang

Keindahan ikan ini tidak hanya terletak pada warna tubuhnya, melainkan juga pada keunikan sirip dan ekornya yang memukau. 

Betta channoides menampilkan sirip dan ekor yang menggoda dengan perpaduan warna-warna cerah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias.

4. Ikan Rainbow

Ikan rainbow atau dikenal dengan nama ilmiah Melanotaenia boesemani, merupakan sejumlah spesies ikan hias yang berasal dari Indonesia, terutama ditemukan di perairan Sulawesi dan Papua. 

Ikan Rainbow

Keunikan ikan ini tidak hanya terletak pada bentuk tubuhnya yang pipih secara vertikal, tetapi juga pada keberagaman warna yang memukau, yang bervariasi tergantung pada jenis spesiesnya. Mereka termasuk ikan hias yang cocok di aquarium.

5. Ikan Channa (Gabus)

Di Indonesia, ikan  Channa memiliki beberapa spesies ikan hias, dimana Channa micropeltes dan Channa marulioides menjadi dua spesies yang paling populer. Sebaran ikan Channa meliputi wilayah barat Indonesia, mencakup Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Ikan Chana

Baca Artikel Sejenis: 5 Tropical Fish Paling Populer yang Mudah Untuk Dipelihara

Potensi Ekspor Ikan Hias Asli Indonesia di Dunia Semakin Meningkat

Keberhasilan Indonesia sebagai negara eksportir ikan hias terbesar kedua di dunia pada tahun 2022 merupakan pencapaian yang luar biasa, menggantikan posisi Singapura dan Belanda. 

Data dari International Trade Statistics mengungkapkan bahwa nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun tersebut mencapai USD36,4 juta atau sekitar Rp 580,39 miliar dengan kurs Rp15.945. 

Angka ini bukan hanya mencerminkan keberhasilan industri perikanan Indonesia dalam menghasilkan ikan hias berkualitas, tetapi juga menunjukkan kontribusi signifikan Indonesia sebesar 11,3 persen terhadap total ekspor ikan hias dunia yang mencapai USD 321 juta. 

Prestasi ini menandai Indonesia sebagai pemain kunci dalam pasar global ikan hias, mengukuhkan reputasinya sebagai produsen terkemuka dengan biodiversitas laut yang kaya. 

Keberhasilan ini juga menciptakan peluang bagi peningkatan ekonomi masyarakat lokal yang terlibat dalam industri ini, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi sumber daya alam laut.

Baca Artikel Sejenis: Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Memberi Pakan Koi Untuk Warna, Serta Rekomendasi Pakan Koi Untuk Warna Terbaik

Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Bisnis Ikan Hias Asli Indonesia?

Jika Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis ikan hias asli Indonesia, maka Anda perlu persiapan yang matang dan perencanaan yang cermat. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini:

Pengetahuan Mendalam Tentang Spesies Ikan

Memahami karakteristik, kebutuhan lingkungan, dan perilaku reproduksi dari berbagai spesies ikan hias asli Indonesia sangat penting. Ini akan membantu Anda dalam pemilihan jenis ikan yang akan dipelihara dan dijual.

Sumber Daya dan Fasilitas Pemeliharaan

Mempersiapkan sumber daya seperti kolam, tangki, atau akuarium dengan kondisi lingkungan yang sesuai untuk ikan hias. Fasilitas pemeliharaan yang baik mencakup sistem filtrasi yang efektif, pemanasan air, dan pencahayaan yang sesuai.

Mempersiapkan Perizinan dan Dokumentasi

Mendapatkan semua perizinan yang diperlukan untuk memulai dan mengoperasikan bisnis ikan hias. Hal ini melibatkan dokumen-dokumen seperti izin usaha, izin lingkungan, dan dokumen perizinan lainnya sesuai regulasi yang berlaku.

Kontak dengan Pemasok dan Pembeli

Memetakan jaringan pemasok untuk mendapatkan ikan hias asli Indonesia yang berkualitas. Selain itu, membangun koneksi dengan toko ikan hias, peternak, atau pengecer lain sebagai pembeli potensial.

Pemasaran dan Branding

Membuat strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Ini melibatkan pembuatan situs web, penggunaan media sosial, dan strategi branding yang mencerminkan kualitas dan keberlanjutan bisnis Anda.

Riset Pasar dan Analisis Persaingan

Melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan konsumen dan tren di pasar ikan hias. Selain itu, menganalisis persaingan untuk menentukan keunggulan bersaing.

Memahami Perawatan Kesehatan Ikan

Memahami prinsip-prinsip perawatan kesehatan ikan hias, termasuk pencegahan penyakit, pemilihan pakan yang tepat, dan pemantauan kondisi lingkungan untuk memastikan kesehatan ikan.

Rencana Kontinjensi

Mempersiapkan rencana kontinjensi untuk mengatasi potensi masalah atau tantangan yang mungkin timbul selama mengelola bisnis ikan hias. Ini mencakup rencana untuk situasi darurat, penyakit ikan, atau fluktuasi pasar.

Baca Artikel Sejenis: 7 Ikan Hias Predator Air tawar yang Dapat Mempercantik Tampilan Aquarium Di Rumah Anda

Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam bisnis ikan hias asli Indonesia.

Tentunya yang paling penting agar dapat merawat ikan hias asli Indonesia dengan baik, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan yang mumpuni. 

Mulai dari pakan premium yang berkualitas, seperti merk JPD, Mizuho, Hi-silk, hingga Trident Aquacare, perlengkapan kolam atau akuarium seperti produk-produk Matala. Dimana semua perlengkapan tersebut bisa Anda temukan di Platinum Adi Sentosa, atau Anda juga bisa dapatkan melalui distributor resmi kami di marketplace (online) atau toko perlengkapan ikan hias (offline).

Artikel Lainnya: Tertarik Menambah Koleksi Ikan Koi Tancho di Kolam Anda? Berikut Informasi Penting yang perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *