Ikan Air Laut

5 Ikan Hias Air Laut yang Dapat Mempercantik Akuarium Anda

5 Ikan Hias Air Laut yang Dapat Mempercantik Akuarium Anda

Ikan hias air laut merupakan salah satu ikan hias yang warna dan pola tubuhnya menarik. Itu yang menjadi salah satu keunikannya. Tak heran pecinta ikan hias tertarik untuk memilikinya. Mungkin Anda salah satunya yang tertarik.

Berikut ini 5 ikan hias air laut yang dapat mempercatik akuarium rumah Anda. Di samping itu kami juga akan memberikan tips perawatannya.

Artikel Ikan Lainnya: Tips Merawat Ikan Predator Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Ikan Hias Air Laut Untuk Akuarium Anda, Ini Rekomendasinya!

Keindahan ikan air laut memang mempesona. Tak heran Banyak yang tertarik untuk memilikinya. Apakah Anda salah satunya? jika iya, ini berikut rekomendasi yang akan membuat tampilan akuarium Anda menarik. 

1. Ocellaris Clownfish

Ocellaris Clownfish (Amphiprion ocellaris) populer karena keunikan pola warnanya dan mudah dipelihara. Clownfish juga bersahabat dengan jenis ikan lainnya.

Ikan ini terkenal di film Disney “Finding Nemo”.  Memiliki warna oranye terang dengan corak belang dibagian kepala, badan dan pangkal ekor. Bentuk badannya bulat, panjang, dan pipih. Ukuran tubuhnya kecil dan gerakannya lincah.

2. Blue-Green Chromis

Blue-Green Chromis ikan hias yang sangat aktif dan mudah dipelihara. Ikan ini juga relatif tahan terhadap perubahan kondisi air.

Blue-Green Chromis senang berenang dengan kelompok yang lebih besar. Oleh sebab itu Anda setidaknya memiliki 7 ekor atau lebih di dalam akuarium rumah Anda.

3. Angelfish

Angelfish merupakan jenis ikan hermaprodit, yang artinya pada saat muda berkelamin betina. Namun ketika bertambah usia akan berubah menjadi jantan. Kondisi tersebut yang menjadi keunikan ikan ini.

Angelfish memiliki warna yang pucat dan pola yang menarik. Biasanya Anda akan menemukannya dalam warna biru, hitam, atau kuning.

4. Royal Gramma

Ikan Royal Gramma termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah dipelihara di akuarium. Syaratnya Anda memilki air laut yang baik dan stabil. Ikan ini memiliki sifat yang tenang dan damai. Cocok untuk ditempatkan bersama dengan jenis ikan yang lain.

Ikan ini memiliki warna yang unik. Memilki garis horizontal kehitaman di bagian atas tubuh. Sedangkan di bagian bawah tubuhnya berwarna ungu terang.

5. Yellow Tang

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna dominan kuning pada tubuhnya. Yellow Tang memerlukan ruang yang cukup luas dalam akuarium. Namun ikan ini relatif mudah dipelihara jika kondisi air terjaga dengan baik.

Artikel Ikan Lainnya: Ini Manfaat dan Keunikan Dari Ikan Koi yang Akan Membuat Anda Tertarik Memeliharanya

Cara Perawatan

Cara perawatan ikan hias yang satu ini memang memerlukan perhatian yang ekstra. Lingkungan laut jauh berbeda dengan lingkungan air tawar. Berikut adalah beberapa tips perawatannya:

1. Menjaga Kualitas Air

Pastikan kualitas air di dalam akuarium tetap stabil. Ukur pH, salinitas, nitrit, nitrat, dan amonia secara berkala. Gunakan alat pengukur, dan ubah air secara teratur untuk menjaga kestabilan kualitas air.

2. Memilih Pakan Yang Sesuai

Pilih pakan yang sesuai dengan jenis ikan hias yang dipelihara. Berikan pakan yang bervariasi dan bergizi. Berikan pakan dalam porsi kecil beberapa kali sehari dan jangan berlebihan.

3. Merawat Akuarium

Pastikan suhu air di dalam akuarium sesuai dengan kebutuhan. Ikan air laut umumnya membutuhkan suhu air antara 22-27 derajat Celcius.

Sediakan pencahayaan yang cukup untuk akuarium. Hindari sinar matahari langsung karena dapat memicu pertumbuhan alga yang berlebihan.

Bersihkan akuarium secara rutin. Perhatikan kotoran dan sisa-sisa makanan yang tercecer di dasar akuarium. Ganti air secara berkala dan bersihkan filter yang digunakan.

4. Menjaga Kesehatan

Perhatikan kondisi ikan secara rutin. Segera tangani ikan yang sakit dengan memberikan obat atau mengisolasinya.

Hindari penggunaan obat-obatan jika tidak diperlukan. Penggunaan obat-obatan yang tidak sesuai dapat membahayakan kesehatan ikan.

Artikel Ikan Lainnya: Cara Merawat Ikan Mas Koki ( Goldfish ) Anda Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Cara Mempersiapkan Akuarium

Mempersiapkan akuarium membutuhkan beberapa langkah penting. Ini dilakukan agar dapat menjamin keberhasilan dan kesehatan ikan hias di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Pilih Ukuran Akuarium yang Sesuai

Pilihlah akuarium yang cukup besar. Dengan begitu Anda dapat menampung ikan-ikan air laut yang ingin Anda pelihara. Sebagai patokan, ukuran minimal akuarium adalah 200 liter.

2. Buat Sistem Sirkulasi Air yang Baik

Pertahankan kualitas air yang baik di dalam akuarium dengan memperhatikan sistem sirkulasi air.  Pasanglah pompa sirkulasi dan filter yang tepat. Ini akan membuat air akan tetap bersih dan teroksigenasi dengan baik.

3. Siapkan Substrat dan Hardscape

Gunakan substrat dan hardscape yang aman untuk ikan dan karang. Anda bisa memilih pasir halus dan batu karang asli. Keduanya akan menjadi tempat bagi karang dan makhluk hidup lain di dalam akuarium. 

4. Atur Pencahayaan

Ikan dan karang membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Pasanglah lampu dengan spektrum cahaya yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan ikan dan karang.

5. Tambahkan Air Laut yang Berkualitas

Gunakan air laut yang berkualitas untuk mengisi akuarium. Pastikan air laut tersebut telah disaring dan diuji kualitasnya sebelum digunakan.

6. Tambahkan Ikan dan Karang

Selanjutnya Anda dapat menambahkan ikan dan karang ke dalam akuarium. Pastikan ikan dan karang yang dipilih sesuai dengan ukuran dan kondisi akuarium.

Makanan

Ikan hias yang baru masuk ke dalam akuarium akan sulit untuk makan pelet pada awalnya.  Akan tetapi lambat laun akan terbiasa. Untuk makanan, sebenarnya selain pelet Anda bisa memberi beberapa makanan berikut ini:

  • Plankton, kril, dan udang kecil.
  • Makanan beku, seperti ikan kecil atau udang yang telah dibekukan.
  • Makanan kering, seperti pelet ikan atau serbuk ikan yang sudah diolah dengan nutrisi.
  • Sayuran laut, seperti nori atau rumput laut yang kaya akan nutrisi.
  • Trident Aquacare Marine Gold Premium, pakan yang dikhususkan untuk ikan air asin/laut. Mudah dicerna dan mengandung fitoplankton dan asam lemak omega. Dikemas dengan komposisi protein dan lemak yang tinggi. Produk ini dapat kamu dapatkan di Platinum Aquatic distribotur resmi dari produk Trident Aquacare.

Artikel Ikan Lainnya: Agar Kualitas Air Kolam Ikan Koi Anda Tetap Terjaga, Terapkan Tips Berikut ini

Kini Anda telah mengetahui rekomendasi 5 ikan hias air laut beserta cara perawatannya.  Perlu diingat bahwa Anda harus memberikan perhatian yang ekstra. Rawat dengan baik, maka ikan Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *