Ikan Arwana

Rekomendasi Tankmate Arwana Jenis Predator dan Non-Predator

Rekomendasi Tankmate Arwana Jenis Predator dan Non-Predator

Bagi para pecinta ikan hias, memelihara Arwana tanpa menambahkan teman atau tankmate di dalam akuariumnya bisa membuat ikan tersebut merasa kesepian dan mudah stres. Oleh karena itu, memilih tankmate arwana yang cocok menjadi suatu keputusan penting.

Misalnya, jika Anda memelihara Arwana predator, maka pilihlah tankmate yang juga memiliki sifat predator. Namun, ada pilihan yang memiliki sifat non-predator dan dapat menjadi teman baik untuk Arwana Anda.

Penting untuk memperhatikan ukuran panjang dan lebar tubuh tankmate, sehingga mereka memiliki ukuran yang sama dengan Arwana. Hal ini penting agar tidak menjadi mangsa.

Baca Artikel Sejenis: Ini Tantangan Penghobi Ikan Hias dan Trennya di Indonesia

Rekomendasi Tankmate Arwana Jenis Predator

Beberapa pilihan tankmate  jenis predator yang cocok untuk arwana umumnya ikan yang cukup besar, tahan terhadap perilaku predator, dan mampu berbagi lingkungan dengan arwana tanpa menimbulkan stres berlebihan. 

Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan: 

Falmas

Ikan Palmas adalah ikan predator yang telah ada sejak ratusan juta tahun lalu, membuatnya menjadi salah satu teman yang ideal untuk Arwana. 

Ikan Falmas

Mereka cenderung berenang di dasar akuarium dan memiliki beberapa varietas, diantaranya adalah Orna, Senegalus, Lapradei, Tali, Delhezi, dan banyak lagi.

Aligator

Ikan Aligator memiliki penampilan yang menyerupai naga. Mereka diantaranya ikan predator yang fleksibel dan mudah beradaptasi. 

Beberapa jenis ikan Aligator yang cocok termasuk Spatula Gar, Florida Gar, Longnose Gar, dan Shortnose Gar.

Catfish (Ikan Lele)

Ikan Catfish atau ikan lele adalah pilihan yang masuk akal sebagai tankmate untuk Arwana. Selain harganya yang terjangkau, mereka juga dapat membersihkan bagian bawah akuarium, mengurangi kotoran yang menumpuk di dasar. 

Jenis-jenis ikan Catfish yang cocok diantaranya adalah Redtail Catfish (RTC), Tiger Shovelnose Catfish (TSN), Vulture Catfish, dan Tigrinus Catfish.

Golden Dorado

Ikan Golden Dorado cocok sebagai tankmate Arwana karena mereka adalah perenang aktif dan cenderung tenang di dalam akuarium. 

Dengan bentuk tubuh yang menyerupai salmon, mereka bisa menjadi hiasan tambahan dalam akuarium Arwana. Selain itu, mereka efektif dalam membersihkan sisa-sisa makanan di area tengah akuarium.

Tiger Datnoid

Ikan Tiger Datnoid

Ikan Tiger Datnoid adalah ikan yang fleksibel dalam hal makanan, termasuk ikan kecil, cacing beku, dan udang. Mereka memiliki penampilan yang mencolok dengan warna tubuh kuning keemasan dan corak hitam yang menyerupai harimau.

Stingray atau Pari

Ikan Pari

Ikan Stingray atau Pari juga merupakan pilihan yang cocok untuk menjadi tankmate Arwana. Mereka cenderung tenang dan dapat membersihkan area di dasar akuarium.

Peacock Bass

Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass adalah ikan predator yang rakus dan sering menjadi tankmate favorit bagi Arwana. Mereka memiliki sifat yang fleksibel dalam makanan, merek dapat memakan udang, ulat, ikan kecil, dan lainnya.

Baca Artikel Sejenis: Tips Merawat Ikan Predator Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Rekomendasi Tankmate Arwana Non-Predator

Beberapa pilihan tankmate non-predator yang cocok untuk Arwana melibatkan ikan yang umumnya damai dan mampu berbagi lingkungan akuarium yang besar. Berikut ini beberapa rekomendasi pilihannya:

Manfish

Ikan Manfish

Ikan Manfish adalah pilihan tankmate non-predator yang bisa ditempatkan satu wadah dengan arwana. Ikan ini dikenal sebagai ikan hias yang tenang dan tidak agresif dalam akuarium.

Silver Dollar

Ikan Silver Dollar

Ikan Silver Dollar adalah ikan hias non-predator yang sering berkumpul dalam kelompok. Mereka bisa menjadi rekan yang ideal untuk arwana, karena sifatnya yang tidak agresif dan kebiasaan hidup berkelompok.

Chinese High Fin

Ikan Chinese High Fin

Ikan Chinese High Fin memiliki bentuk tubuh yang unik dan sering dipilih sebagai tankmate untuk arwana. Mereka berasal dari Tiongkok dan termasuk ikan herbivora yang dapat membantu membersihkan alga di dalam akuarium arwana.

Botia

Ikan Botia

Ikan Botia adalah ikan hias yang populer di kalangan penghobi akuarium. Mereka cenderung tenang dan suka tidur terlentang, sehingga bisa menjadi teman yang cocok untuk Arwana.

American Flagtail

Ikan American Flagtail

American Flagtail, meskipun relatif mahal, memiliki manfaat unik sebagai tankmate untuk Arwana. Mereka dapat memakan parasit atau kutu yang menempel pada tubuh arwana.

Pleco

Ikan Pleco

Ikan Pleco dikenal sebagai ikan hias yang pasif dan tenang. Mereka sering tidak bergerak kecuali saat ada sisa makanan yang perlu dibersihkan. Jenis ikan ini dapat membantu membersihkan kotoran di dalam akuarium.

Bala Shark

Ikan Bala Shark

Jenis ikan Bala Shark adalah tankmate yang suka makan pelet dan memiliki sifat non-predator yang tidak agresif. Mereka berasal dari Asia Tenggara dan hidup berkelompok, baik di dalam akuarium maupun di alam liar.

Kaviat

Ikan Kaviat

Ikan Kaviat adalah ikan hias non-predator yang membantu dalam membersihkan sisa pakan dan parasit yang menempel pada tubuh arwana. Mereka mudah beradaptasi dengan berbagai jenis ikan.

Baca Artikel Sejenis: Tips Memilih Tankmate Arwana dan Cara Mengenali Jenisnya

Dengan memahami sifat dan kebutuhan setiap ikan, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan penuh keindahan. 

Sebelum menambahkan tankmate baru, selalu perhatikan interaksi antar ikan dan pastikan bahwa kondisi akuarium mendukung kehidupan yang sehat bagi semua penghuni. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan makanannya agar tidak terjadi agresi pada ikan Arwana dan tankmate-nya. Sangat direkomendasikan untuk Anda memberikan produk JPD Predator – Growth untuk pertumbuhannya dan JPD Predator – Color untuk meningkatkan warna ikan arwana Anda. Semuanya bisa Anda dapatkan di Platinum Adi Sentosa, distributor resmi brand JPD di Indonesia.

Baca Artikel Lainnya: Rekomendasi 7 Ikan Predator Air Tawar Paling Populer yang Cocok Dipelihara Bagi Para Pemula 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *