Fish Tank, Ikan Arwana

Tips Memilih Tankmate Arwana dan Cara Mengenali Jenisnya

Tips Memilih Tankmate Arwana dan Cara Mengenali Jenisnya

Arwana adalah ikan yang indah dan besar, sering dipelihara dalam akuarium tangki besar. Mereka dikenal sebagai ikan predator, oleh sebab itu ketika memilih tankmate arwana (ikan yang cocok dipelihara bersama ikan arwana), ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Ukuran, tingkat keaktifan, dan kebutuhan air yang serupa adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan. Untuk itu agar tidak bingung dan salah langkah dalam memilih teman akurium arwana, kami akan mengajak Anda mengenal jenis-jenis ikan hias tersebut.

Artikel Sejenis: Begini Cara Perawatan Ikan Arwana di Dalam Akuarium yang Tepat. Dijamin Ikan Arwana Anda Akan Nyaman dan Sehat

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Hias Tankmate Arwana

Arwana merupakan ikan hias yang popularitasnya terus meningkat di kalangan penggemar ikan hias di seluruh dunia. Dengan sirip punggung panjangnya dan warna-warna yang mencolok memberikan keindahan yang luar biasa bagi akuarium mereka.

Meskipun seringnya ikan arwana ditempatkan sendiri di akuarium, namun ternyata ada jenis-jenis ikan hias yang cocok ditempatkan satu akurium bersama arwana. Berikut adalah beberapa pilihannya:

1. Ikan Kakap atau Buntal

Ikan Kakap

Ikan kakap atau buntal umumnya cocok dipelihara bersama arwana karena ukurannya yang serupa dan toleransi terhadap suhu dan pH air yang sama. Namun, pastikan tangkinya memiliki ruang yang cukup untuk mengakomodasi semua ikan dengan nyaman.

2. Ikan Oscar

Ikan Oscar

Ikan oscar adalah ikan besar yang sering dipadukan dengan arwana. Mereka memiliki kebutuhan air yang serupa dan bisa hidup bersama dengan baik. 

Namun, perhatikan bahwa oscar juga bisa menjadi agresif terhadap ikan-ikan kecil, jadi pastikan tangki memiliki ukuran yang memadai dan menyediakan tempat persembunyian yang cukup.

3. Silver Dollar

Silver Dollar

Meskipun salah satu spesies ikan kecil, silver dollar masih bisa menjadi teman akuarium yang cocok untuk arwana. Karena mereka adalah ikan kawanan, mereka dapat melindungi diri ketika berada dalam kelompoknya.

Ikan silver dollar adalah pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan banyak ikan yang lebih kecil untuk menemani Arwana milikiny. Warnanya perak dan berkilau, jadi cocok juga dengan ikan arwana, terutama jenis arwana silver.

4. Botia Badut (Clown Loach)

Botia Badut (Clown Loach)

Botia Badut (Clown Loach) adalah ikan yang damai. Memiliki warna kuning cerah yang menonjol, menjadikannya ikan yang menarik perhatian. Panjangnya bisa mencapai 1 kaki dan paling bahagia jika ditempatkan dalam kelompok. 

Semakin banyak Clown Loaches yang Anda pelihara, mereka akan semakin aktif. Mereka umumnya adalah ikan nokturnal yang tinggal di bagian bawah kolom air, jadi kecil kemungkinan mereka akan bertemu dengan Arwana di dalam tangki.

Penting untuk dicatat bahwa setiap menggabungkan ikan arwana dengan ikan lainnya dalam satu akuarium harus dipantau dengan cermat. Setiap ikan memiliki temperamen yang unik, dan kadang-kadang interaksi antara mereka bisa berbeda. 

Jadi, jika ada tanda-tanda kekerasan atau stres yang tidak normal, perlu dipertimbangkan untuk memisahkan ikan arwana dan tankmate arwana tersebut agar dapat menjaga kesehatan dan keceriaannya.

Artikel Sejenis: Jenis-Jenis Arwana Berdasarkan Warnanya, Beserta Info Harganya

Lakukan Hal Ini Untuk Mengenal Jenis Ikan Arwana dan Tankmate Arwana

Jika Anda ingin memulai hobi koleksi ikan arwana bersama temannya dalam akuarium , ada baiknya mengenal karakternya dan cara perawatannya dengan baik. Agar nantinya arwana atau tankmate arwana yang Anda pilih untuk ditempatkan bersama di akuarium tidak cepat mati.

Mungkin Anda berpikir bahwa cara untuk mengenal karakter dan perawatan ikan arwana dan teman akuariumnya adalah dengan mengunjungi toko ikan hias saja. Namun ternyata ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Melakukan Riset Online

Memanfaatkan informasi melalui internet  adalah cara yang baik untuk mempelajari berbagai jenis ikan hias, termasuk ikan arwana dan temannya. Anda dapat mencari informasi melalui situs web, forum, blog, dan grup media sosial yang didedikasikan untuk pecinta ikan arwana. 

Di sini, Anda dapat menemukan informasi tentang jenis, asal usul, karakteristik, kebutuhan perawatan, dan kompatibilitas ikan arwana atau tankmate arwana.

2. Buku dan Majalah Ikan Hias

Membaca buku dan majalah yang berkaitan dengan ikan arwana juga merupakan cara yang baik untuk memperluas pengetahuan Anda. 

Buku umumnya mencakup berbagai jenis ikan hias beserta deskripsi, gambar, dan informasi tentang kebutuhan mereka. 

Majalah ikan hias biasanya berisi artikel tentang spesies ikan tertentu, panduan pemeliharaan, serta ulasan dan rekomendasi dari para ahli.

3. Bergabung Dengan Komunitas Pecinta Ikan Arwana

Bergabung dengan komunitas pecinta ikan arwana lokal maupun online dapat memberikan kesempatan untuk bertukar informasi, pengalaman, dan pengetahuan tentang ikan arwana. 

Anda dapat bertanya kepada anggota komunitas tentang jenis-jenis ikan arwana dan ikan hias lainnya yang dapat dijadikan teman akuarium arwana, meminta rekomendasi, dan berbagi pengetahuan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

4. Kunjungi Peternakan Ikan atau Penghobi Ikan Arwana

Mengunjungi peternakan atau rumah penghobi ikan arwana juga dapat memberikan kesempatan untuk melihat berbagai jenis ikan arwana secara langsung. 

Anda dapat berinteraksi dengan pemilik atau petugas peternakan tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis ikan arwana, tankmate arwana, kebutuhan mereka, dan kiat perawatannya. 

Mereka juga dapat memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan pengalaman mereka. MIsalnya saja memilih makanan terbaik untuk ikan arwana, yang mana biasanya sebagian besar akan merekomendasikan JPD Arowana.

5. Kunjungi Pameran Ikan Hias

Pameran atau acara lokal tentang ikan hias seringkali menjadi tempat yang bagus untuk melihat secara langsung berbagai jenis ikan hias, termasuk salah satunya ikan arwana. 

Anda dapat melihat ikan arwana atau tankmate arwana secara langsung, mempelajari karakteristik mereka, dan berbicara dengan para ahli atau penghobi lain yang hadir di acara tersebut. 

Artikel Lainnya: Terapkan Teknik Breeding Atau Pemijahan Ikan Arwana Ini Agar Sukses Panen Berlimpah dan Raih Untung!

Kebetulan tahun ini ada event terbesar terkait dengan ikan hias yang dapat Anda kunjungi. Event tersebut adalah Nusatic 2023 yang akan diadakan pada tanggal 14-16 Juli  2023 di  Hall 9-10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City. 

Pada acara tersebut akan ada seminar, presentasi, atau lokakarya tentang ikan hias, termasuk ikan arwana. Jadi sebaiknya Anda menghadirinya agar menambah wawasan dan pengetahuan tentang ikan hias.

Di event Nusatic 2023 Anda juga dapat mengunjungi booth PT Platinum Adi Sentosa. Disini akan ada pameran berbagai produk pakan dan peralatan akuarium serta kesempatan menangkan hadiah jutaan rupiah. Segera amanakan tiketnya di tiketapasaja.com, dan kita berjumpa disana. 

Artikel Lainnya: Ini Daftar Ikan Predator Untuk Pemula, dan Cara Merawatnya

One thought on “Tips Memilih Tankmate Arwana dan Cara Mengenali Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *