Ikan Predator

Tips Merawat Ikan Predator Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Anda pecinta ikan hias, dan mulai menyukai ikan predator, tetapi bingung cara merawatnya? Tips merawat ikan predator yang akan kami bahas pada artikel kali ini mungkin akan membantu Anda.

Memang pada umumnya merawat ikan predator terbilang tidak mudah, ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda perhatikan. Untuk itu Anda dapat coba menerapkan tips merawat ikan predator berikut ini.

Baca Artikel Lainnya: 5 Ikan Predator Pemakan Ikan Kecil yang Dapat Mempercantik Tampilan Akuarium Rumah Anda

Memberi Makan Ikan Predator Dalam Jumlah yang Cukup

Meskipun ikan predator termasuk jenis ikan karnivora, akan tetapi jangan memberi mereka makan terlalu banyak, karena akan menimbulkan masalah. Pakan yang tidak habis dimakannya akan menjadi bangkai dan nantinya bisa menyebabkan penyakit bagi ikan predator Anda.

Idealnya Anda memberi makan ikan predator sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Agar menghindari makanan yang berlebihan.

Selain jumlah yang cukup, memperhatikan jenis pakannya juga penting, karena pakan berkualitas akan membuat ikan predator Anda terpenuhi nutrisinya, sehingga tidak stres dan menimbulkan kegaduhan. 

Untuk itu Anda perlu memberikan produk pakan berkualitas seperti JPD Predator – Growth untuk pertumbuhannya dan JPD Predator – Color untuk meningkatkan warna ikan predator Anda.

Memilih Teman Aquarium yang Tepat

Beberapa ikan predator dapat hidup damai dengan spesies lain sementara yang lain tidak. Pastikan Anda mencari tahu informasi tentang ikan predator yang ingin Anda tambahkan ke dalam akuarium ikan Anda. 

Misalnya, ikan cupang dapat hidup dengan ikan kawanan yang lebih kecil yang damai, dan dengan cupang betina, tetapi Anda tidak dapat menyatukan dua ikan cupang jantan. Di sisi lain oscar hanya bisa hidup aman dengan oscar lainnya. 

Beberapa ikan predator akan memakan ikan lain jika ukurannya cukup kecil. Ada juga yang mengabaikan ikan yang lebih kecil jika tempat mereka tinggal cukup besar untuk menampung semua ikan. 

Jika Anda tidak yakin pasangan ikan predator mana yang cocok untuk ditempatkan dalam satu akuarium, konsultasikan dengan staf toko khusus ikan hias terdekat untuk mendapatkan saran yang akurat.

Memilih Ikan Predator yang Sehat

Salah satu tips merawat ikan predator adalah memilih ikan predator yang sehat pada saat pembelian, karena dengan memilih ikan predator yang sehat Anda tidak repot harus mengobatinya dalam waktu dekat, selain itu ikan-ikan yang berada dalam akuarium Anda tidak terjangkit penyakit yang dibawanya.  Berikut ini tips dalam memilih ikan predator yang sehat:

Baca Artikel Lainnya: Tips Memberi Makan Ikan Predator dan Menyiapkan Aquariumnya

1. Pilih Ikan Predator yang Aktif Bergerak

Salah satu ciri ikan predator yang sehat adalah yang aktif bergerak. Lihatlah apakah ikan predator yang akan Anda beli bergerak kesana kemari, jika iya maka kemungkinan ikan predator itu sehat, sebaliknya jika pergerakannya lambat atau jarang bergerak itu menandakan ikan tersebut kurang sehat.

2. Lihat Dari Nafsu Makannya

Nafsu makan juga dapat menjadi indikasi bahwa ikan predator dalam keadaaan sehat. Biasanya saat memberi makan ikan predator yang dalam keadaan sehat mereka sangat agresif. Mereka juga akan makan cukup banyak. Ikan dengan nafsu makan tinggi sangat layak untuk Anda pilih.

3. Memiliki Corak dan Warna yang Terang

Tubuh ikan predator yang dalam keadaan sehat akan terlihat pada corak dan warnanya yang lebih terang. Kebanyakan ikan predator yang dalam keadaan sakit terlihat lebih pucat dan warna nya agak kurang terang. Jika Anda menemukan yang seperti itu maka sebaiknya jangan dibeli. 

4. Perhatikan Matanya

Kondisi kesehatan ikan predator juga dapat terlihat dari kondisi matanya. Biasanya jika dalam kondisi sehat ikan predator akan terlihat bening dan nampak jernih. Sebaliknya, jika dalam keadaaan sakit mata ikan predator akan terlihat buram seperti berkabut di dalamnya.

Mengatasi Agresi Pada Ikan Predator

Ikan predator merupakan ikan yang sangat agresif, maka tidak menutup kemungkinan jika mereka ditempatkan dengan ikan lainnya akan terjadi agresi atau pertengkaran dalam akuarium Anda. 

Ikan predator bertengkar karena beberapa alasan. Biasanya agresi terjadi karena perebutan wilayah, sedang masa kawin, terlalu banyak penghuni akuarium, atau perbandingan antara jenis ikan predator jantan dan betina tidak seimbang.

Baca Artikel Lainnya: Rekomendasi 7 Ikan Predator Air Tawar Paling Populer yang Cocok Dipelihara Bagi Para Pemula

Mengatasi agresi pada ikan predator dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya sebagai berikut:

1. Melakukan Riset Terhadap Ikan Predator yang Ingin Dipelihara

Salah satu cara yang cukup baik dalam mengatasi agresi pada ikan predator adalah dengan melakukan riset terhadap ikan predator yang akan Anda masukkan ke dalam akuarium Anda. 

Dengan melakukan riset, Anda bisa tahu perilaku ikan predator yang akan dibeli, dan bisa menentukan apakah cocok untuk ditemani dengan ikan lainnya, atau hanya bisa ditaruh sendirian. Ini semua untuk mencegah agresi yang bisa menyebabkan kematian.

Tidak semua ikan predator dapat berbagi satu akuarium yang sama. Maka dari itu jika Anda sebelumnya melakukan riset terlebih dahulu, Anda akan mengetahui karakter ikan predator yang akan Anda beli dan menemukan teman akuaariumnya yang tepat.

Anda dapat menanyakannya kepada ahlinya, pemilik toko ikan hias, atau teman Anda yang pernah memeliharanya.

2. Pisahkan Ikan yang Agresif dan Terlalu Mengganggu

Jika Anda melihat ada ikan predator yang sangat agresif dan mengganggu penghuni ikan akuarium Anda lainnya, sebaiknya sementara Anda pisahkan ikan tersebut ke dalam akuarium yang terpisah, agar dapat memberinya waktu istirahat dalam beberapa hari. 

Setelah beberapa hari dipisah Anda dapat memasukkannya kembali ke dalam akuarium. Biasanya ini dapat menjadi cara yang sering berhasil untuk mengatasi agresi pada ikan predator. Namun tidak menutup kemungkinan akan kembali bertikai, jika tetap berkelahi sebaiknya dipisahkan untuk selamanya.

3. Seimbangkan Jumlah Ikan Predator Kelamin Jantan & Betina

Jumlah ikan predator betina dan jantan juga dapat memicu agresi, jadi agar Anda dapat mengatasi agresi pada ikan predator coba tambahkan beberapa ikan, agar jenis kelamin jantan dan betina menjadi seimbang. 

Minimal Anda memiliki setidaknya lebih dari 2 spesies dalam akuarium Anda agar dapat mengalihkan perhatian.

4. Atur Ulang Isi Dalam Akuarium Anda

Mungkin salah satu penyebab agresi pada ikan predator Anda adalah kondisi akuarium yang tidak kondusif. Mulai dari jumlah ikan yang sudah tidak memadai untuk satu akuarium, kurangnya karang atau bebatuan untuk tempat persembunyian, atau dekorasi yang ada justru mengganggu pergerakan ikan hingga menjadi sangat agresif. 

Untuk itu sebaiknya Anda atur ulang kembali isi dalam akuarium Anda agar dapat mengatasi agresi pada ikan predator Anda.

Baca Artikel Lainnya: Baca Artikel Lainnya: 7 Ikan Hias Predator Air tawar yang Dapat Mempercantik Tampilan Aquarium Di Rumah Anda

Itulah beberapa tips merawat ikan predator yang dapat Anda terapkan dalam akuarium rumah Anda. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba!

Informasi mengenai produk JPD Predator dapat kamu temukan disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *