Ikan Arwana

Proses Tanning, Siklus Hidup Arwana Untuk Warna yang Indah

Proses Tanning, Siklus Hidup Arwana Untuk Warna yang Indah

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias predator yang menjadi favorit di kalangan penghobi ikan. Hal itu karena keindahan warnanya yang mencolok. Selain tahap pemijahan Arwana dan siklus reproduksi perubahan warnanya juga termasuk tahap siklus hidup Arwana yang penting.

Perkembangan warna dan pola ikan Arwana akan berubah, saat masih muda, ikan ini memiliki warna yang terlihat jelas di sebagian tubuhnya, seperti sirip, bibir, dan sungut. Namun, ketika memasuki tahap dewasa, Perkembangan warna dan polanya akan semakin meluas ke bagian tubuh lainnya, menciptakan penampilan yang sangat menarik dan memukau.

Keindahan warna Arwana membuatnya menjadi salah satu ikan hias termahal di pasaran. Banyak penghobi ikan yang berlomba-lomba untuk meningkatkan intensitas warna pada ikan Arwana. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan metode yang disebut tanning.

Tanning adalah teknik yang digunakan untuk merangsang keluarnya warna pada ikan Arwana, Dengan menggunakan metode ini, warna pada ikan Arwana dapat menjadi lebih cerah dan menonjol.

Baca Artikel Sejenis: 7 Keistimewaan Ikan Arwana yang Memikat Pecinta Ikan Hias

Siklus Hidup Arwana dalam Melalui Proses Tanning

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, selain tahap tahap pemijahan Arwana dan siklus reproduksi, proses tanning adalah salah satu siklus hidup ikan predator ini. 

Proses tanning ikan Arwana melibatkan penggunaan penyinaran khusus dengan memasang lampu tanning di depan akuarium. Tujuan dari penyinaran ini adalah agar sinar lampu dapat langsung menjangkau sisik-sisik ikan Arwana untuk merangsang pigmentasinya. 

Siklus Hidup Arwana dalam Melalui Proses Tanning

Metode ini kemudian dikenal sebagai tanning ikan Arwana, dimana lampu yang digunakan umumnya memiliki tingkat sinar ultraviolet (UV) A dan B yang tinggi, dengan durasi waktu tertentu.

Sebenarnya seperti apa sih proses tanning Arwana? dan bagaimana perannya dalam perkembangan warna dan pola ikan Arwana? Jika Anda penasaran, berikut ini jawaban lengkapnya:

1. Menyiapkan Ikan Arwana

Langkah pertama dalam melakukan proses tanning ikan Arwana adalah mempersiapkan ikan itu sendiri. Pastikan ikan Arwana yang sudah disiapkan terlihat sehat, dengan memeriksa bentuk fisiknya, ukurannya, dan pastikan tidak sedang mengalami penyakit. 

Kesehatan ikan Arwana bisa dilihat dari aktivitasnya yang lincah, nafsu makannya yang baik, dan memiliki sisik yang mengkilap.

Dalam proses tanning ikan Arwana, tidak ada aturan khusus mengenai ukuran atau usia ikan. Namun, umumnya para pembudidaya ikan Arwana mulai melakukan tanning pada ikan yang berukuran sekitar 30 cm. 

Salah satu tanda yang dapat diperhatikan adalah permukaan sisik yang mulai membentuk ring, yang menandakan bahwa ikan Arwana tersebut siap untuk menjalani proses tanning.

2. Persiapkan Akuarium yang Sesuai Dengan Ukuran Ikan Arwana

Seperti halnya tahap pemijahan arwana, dalam proses tanning pun sebaiknya Anda menyiapkan akuarium khusus untuk digunakan dalam proses tanning ikan Arwana. Pastikan akuarium tersebut sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ikan Arwana yang akan dimasukkan. 

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah agar ikan Arwana dapat berenang dengan leluasa tanpa merasa terbatas. Lebih baik lagi jika menggunakan akuarium yang besar dan luas, mengingat ukuran dan bentuk ikan Arwana akan terus berubah dan berkembang selama proses tanning berlangsung.

3. Gunakan Background Warna

Penggunaan background juga mempengaruhi perkembangan warna dan pola dalam proses tanning ikan Arwana. Ada berbagai pilihan background yang bisa digunakan, mulai dari warna putih, hitam, biru, bening, hingga kombinasi dari beberapa warna. Berikut ini fungsi dari beberapa background warna:

  • Background Hitam 

Background ini dapat mempercepat puncak warna pada saat hard tanning. Namun, risiko ikan menghitam (gosong) dan kotoran ikan terlihat lebih jelas karena efek gelap dari background. 

  • Background Biru 

Warna biru dapat membantu meningkatkan base warna pada ikan Arwana dan menjaga warna merah cerah agar tidak turun. Background ini juga memudahkan adaptasi ikan dan meningkatkan kontras warna hijau pada Arwana.

  • Background Bening atau Polos 

Warna bening atau polos dapat meningkatkan metallic pada ikan Arwana dan meningkatkan mental ikan. Namun, saat proses tanning, ikan yang baru dimasukkan ke dalam akuarium bening akan terlihat lebih pucat.

  • Background Kombinasi 

Menggabungkan dua warna dalam satu akuarium, seperti dasar biru dengan sisi putih, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan setiap ikan. 

3. Persiapkan Lampu Tanning

Untuk memulai proses tanning ikan Arwana, langkah yang paling penting adalah menyiapkan lampu tanning. Lampu ini merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses tanning, biasanya ditempatkan di depan atau di atas akuarium. 

Meskipun secara teoritis lampu tanning untuk arwana harus mengandung UV A dan B agar memiliki efek tanning yang diinginkan, namun paparan sinar UV A dan B yang berlebihan juga dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan kulit, kerusakan pada mata, dan bahkan dapat mengakibatkan risiko stres dan penyakit.

Untungnya saat ini Anda dapat melakukan tanning tanpa khawatir terkena dampak negatif tersebut, dengan menggunakan Neo Helios Solar Color Booster. 

Lampu tanning ini tidak memiliki kandungan UV A dan B. Meskipun begitu, Neo Helios Solar Color Booster memiliki temperatur cahaya sekitar 6700 K, setara dengan sinar matahari pada pukul 10 pagi, yang mampu meningkatkan warna merah pada arwana. 

Baca Artikel Sejenis: Tanning Arwana: Meningkatkan Kecantikan dan Warna Arwana

Pentingnya Neo Helios Solar Color Booster Untuk Proses Tanning

Neo Helios Solar Color Booster merupakan elemen penting ketika proses tanning ikan Arwana.  Ini merupakan lampu inovatif untuk meningkatkan pigmentasi warna pada berbagai varietas ikan Arwana, menggantikan efek sinar UV dari matahari yang esensial untuk kematangan warna. 

Solar Color Booster_Cover

Lampu yang dirancang khusus untuk proses tanning Arwana ini mampu melakukan pengembangan warna (soft tanning), tapi terbukti bisa tanning tanpa merusak atau membakar kulit ikan.

Dengan menggunakan sumber cahaya tiga primer dan suhu warna matahari sekitar 6700K setara dengan cahaya matahari jam 10 pagi, Neo Helios Solar Color Booster mampu menciptakan efek soft tanning yang mempercantik ikan. 

Teknologi ini, yang merupakan yang pertama di dunia, dimana dapat merangsang peningkatan warna dasar pada ikan Arwana, sehingga tidak hanya sisik yang indah, tetapi juga warna kulit dasarnya seperti emas, hijau, biru, atau ungu, menjadi lebih cerah.

Keunggulan lain dari Solar Color Booster adalah kemampuannya untuk digunakan sebagai lampu view tanpa merusak mata ikan. Dengan teknologi bio-optik dan chip LED RGB berkualitas tinggi, lampu ini menghasilkan warna alami yang optimal tanpa mengganggu kesehatan mata ikan. 

Dengan demikian, penggunaan Neo Solar Color Booster tidak hanya memberikan hasil soft tanning yang sempurna, tetapi juga menghasilkan perkembangan warna dan pola yang menakjubkan pada ikan Arwana Anda. Dapatkan Neo Solar Color Booster melalui channel dari Platinum Adi Sentosa.

Baca Artikel Lainnya: Daftar Rekomendasi Pakan Untuk Ikan Hias Berukuran Kecil

One thought on “Proses Tanning, Siklus Hidup Arwana Untuk Warna yang Indah

  1. ecommerce says:

    Wow, marvelous blog structure! How lengthy have you been blogging for?

    you made running a blog look easy. The overall glance
    of your site is great, as neatly as the content!
    You can see similar here dobry sklep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *