Fish Tank

9 Perangkat Penting Agar Fish Tank Nyaman Untuk Ikan Hias

9 Perangkat Penting Agar Fish Tank Nyaman Untuk Ikan Hias

Bagi para pecinta ikan hias pastinya tidak asing dengan fish tank (tangki ikan), karena ini merupakan tempat bernaung untuk ikan hias kesayangannya. 

Secara umum fish tank bisa dikatakan sebagai wadah yang dirancang khusus untuk menampung dan memelihara ikan serta organisme akuatik lainnya.

Tangki ikan yang dirancang dengan perangkat yang mumpuni akan memuaskan Anda ketika memandangi ikan-ikan yang berenang indah. Melihat keindahan ekosistem akuatik yang tinggal di dalamnya. Serta memberikan kesehatan dan kenyamanan pada ikan hias Anda.

Artikel Lainnya: Perlengkapan yang Dibutuhkan Untuk Memelihara Ikan Discus

9 Perangkat Penting untuk Membuat Fish Tank Nyaman dan Terawat

Para pemilik ikan hias rela merogoh koceknya untuk melengkapi perangkat yang dibutuhkan untuk membuat tangki ikan yang ideal untuk ikan kesayangannya.

Alasannya tentu saja untuk membuat ikan hias kesayangannya dapat tinggal dengan nyaman. Jika telah merasa nyaman, ikan hias yang dimiliki pun akan terlihat sehat, ceria dan menawan untuk dilihat.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki ikan hias dan ingin membuat tangki ikan yang nyaman dan enak dilihat, berikut ini 9 perangkat penting yang harus Anda miliki.

1. Akuarium

9 Perangkat Penting untuk Membuat Fish Tank Nyaman dan Terawat_Akuarium

Akuarium merupakan perlengkapan utama ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan hias. Maka dari itu Anda harus mempersiapkannya dengan baik.

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah menemukan lokasi yang ideal terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat mengukur ruang yang tersedia dan menentukan ukuran akuarium yang bisa Anda dapatkan. 

Lalu letakkanlah akuarium di atas permukaan yang keras, rata, dan tahan air. Selanjutnya, pastikan akuarium berada di dekat stop kontak listrik untuk menyalakan peralatan Anda.

2. Filter

Filter merupakan salah satu perangkat fish tank yang paling penting. Dengan adanya filter, kualitas air akan terjaga optimal, dan memberikan lingkungan yang sehat bagi ikan. Berikut adalah beberapa jenis filter yang biasa digunakan:

  • Saringan Mekanis
  • Karbon Aktif
  • Biologis 
  • UV
  • Fluidized Bed
  • Oksigenasi
  • Hang-On-Back (HOB)
9 Perangkat Penting untuk Membuat Fish Tank Nyaman dan Terawat_Filter
Matala Filtration Media

Pilihlah produk filter terbaik agar kebersihan dan kenyamanan tangki ikan Anda terjaga. Untuk perangkat filter biologis kami rekomendasikan Matala Filtration Media dan Matala Filter Brush. Sedangkan untuk filter UV Anda dapat gunakan Matala Spectrum UVC.

3. Pompa Udara

Pompa udara menghasilkan gelembung udara yang membantu menggerakkan air di dalam akuarium. Ini akan membantu dalam oksigenasi air dan menciptakan gerakan air yang menyenangkan. 

4. Aerator

Aerator adalah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan oksigenasi air dalam akuarium. Di dalam akuarium, ikan dan organisme akuatik lainnya membutuhkan oksigen yang larut dalam air untuk bernapas dengan baik.

Aerator akuarium membantu memastikan bahwa kadar oksigen dalam air tetap cukup untuk menjaga kehidupan akuatik yang sehat. Sebaiknya Anda memilih aerator yang berkualitas, seperti Matala Air Diffuser Platform.

9 Perangkat Penting untuk Membuat Fish Tank Nyaman dan Terawat_Aerator
Matal Air Diffuser Platform

5. Heater (Pemanas)

Pemanas digunakan untuk menjaga suhu air yang konsisten sesuai dengan kebutuhan ikan hias Anda. Banyak ikan memerlukan suhu air yang tepat untuk kesehatan dan kenyamanan mereka.

Dapatkan juga termometer untuk membantu Anda menentukan apakah pemanas akuarium berfungsi dengan baik atau telah mati.

6. Alat Pengukur Parameter Air

Alat pengukur seperti tes kit pH, tes amonia, dan tes nitrit membantu mengukur dan memantau parameter air seperti pH, amonia, nitrit, dan nitrat. Tentu saja alat ini akan membantu dalam menjaga kualitas air yang baik.

7. Pencahayaan

Jika Anda tidak memiliki tanaman air, Anda dapat menggunakan kit tangki ikan yang sudah dilengkapi dengan lampu atau memilih tudung akuarium dengan ukuran yang sesuai dengan lampu bawaan. 

Jika Anda menanam tanaman air, sebaiknya pasang lampu tangki tanam LED dengan pengatur waktu stop kontak untuk menjaga agar pertumbuhan alga tetap terkendali. 

8. Substrat dan Dekorasi

Substrat mengacu pada penutup tanah di bagian bawah tangki ikan Anda. Beberapa opsi yang paling umum adalah kerikil akuarium, pasir, dan substrat tanaman.

Dekorasi dalam akuarium tidak hanya memberikan tampilan estetis yang menarik, tetapi juga menciptakan lingkungan yang meniru alam dan memberikan tempat berlindung bagi ikan hias Anda.

9. Jaring

Jaring bermanfaat untuk menangkap ikan atau mengangkat benda-benda kecil dari akuarium. Alat ini juga akan membantu Anda dalam pemindahan ikan dan membersihkan akuarium.

Artikel Lainnya: Mengenal Paludarium Beserta Jenis dan Komponen Ekosistemnya

Tips Merawat Fish Tank Tetap Bersih

Kebersihan merupakan salah satu bagian dalam fish tank maintenance (perawatan). Ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan ikan hias Anda. Tidak hanya itu, tanaman air yang ada didalamnya juga akan tetap terawat. 

Untuk itu sebaiknya Anda memiliki agenda rutin untuk membersihkannya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tangki ikan tetap bersih:

1. Memiliki Filtrasi yang Efektif

Pastikan Anda memiliki sistem filtrasi yang tepat untuk ukuran dan jenis akuarium yang Anda milki. Bersihkan atau ganti media filtrasi sesuai dengan petunjuk produsen untuk menjaga kinerja yang optimal.

2. Penggantian Air Rutin

Pergantian air secara rutin bagian dari fish tank maintenance (perawatan). Ini tujuannya untuk menghilangkan kotoran, amonia, nitrit, dan nitrat yang terakumulasi dalam akuarium. Kami merekomendasikan untuk melakukan pergantian air sekitar 10-20% per minggu. 

3. Pembersihan Berkala

Bersihkan kaca akuarium dari alga dan kotoran dekorasi, batu, atau hardscape. Gunakan alat pembersih atau spons yang aman untuk akuarium. Hindari penggunaan bahan kimia yang dapat membahayakan ikan atau tanaman akuatik di dalamnya.

4. Kontrol Makanannya

Beri makan ikan dalam jumlah yang tepat dan hindari memberikan makanan berlebihan. Sisa makanan yang tidak dimakan akan membusuk dan mencemari air.

Beri pakan yang berkualitas, karena biasanya terdapat nutrisi penting yang dibutuhkan ikan hias Anda. Selain itu juga akan membuat kualitas air lebih baik, karena tidak meninggalkan banyak limbah di kolam.

JPD merupakan pakan berkualitas dan akan menjadi pilihan yang tepat. Untuk arwana terdapat JPD Arowana, untuk ikan koi JPD Benifuji atau Akafuji, untuk ikan mas koki JPD Kingyo Zen Mocus atau JPD Goldfish Color, dan banyak lagi pilihan lainnya.

5. Jaga Kualitas Air

Selain penggantian air rutin, penting untuk memantau dan menjaga kualitas air akuarium. Gunakan tes air secara berkala untuk mengukur parameter penting seperti suhu, pH, amonia, nitrit, dan nitrat. 

6. Perawatan Tanaman Air

Jika Anda memiliki tanaman air, lakukan pemangkasan rutin dan perawatan yang diperlukan. Tanaman yang sehat dapat membantu menjaga kualitas air dengan menyerap nutrien yang berlebihan dan menghambat pertumbuhan alga.

Artikel Lainnya: Ingin Menjinakan Ikan Koi? Miliki 3 Perlengkapan Penting Ini

Dalam artikel ini Anda telah mengetahui berbagai perangkat yang diperlukan untuk membangun dan merawat fish tank. Semoga dapat diterapkan dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *