Ikan Koi

10 Jenis Ikan Koi Kohaku Japan dan Cara Mengidentifikasi Koi Kohaku yang Bagus

Koi kohaku Japan adalah varietas tertua, paling terkenal, dan paling populer di kalangan pecinta koi. Kohaku mudah dikenali dari tubuhnya yang berwarna putih terang dengan corak merah. Ada dua variasi kohaku Koi. Yang pertama dan paling umum bermotif warna merah di sekujur tubuh. Yang kedua adalah tipe ekstra spesial yang disebut Tancho Kohaku, yang hanya memiliki bercak merah di tengah dahinya. Artikel kali ini akan membahas jenis Koi kohaku, dan informasi harga koi kohaku di pasaran.

Baca Artikel Lainnya: Cara Mudah Raih Cuan Dari Bisnis Koi Farm (Budidaya Ikan Koi)

Jenis Koi Kohaku Japan & Cara Mengidentifikasinya

Koi kohaku Japan yang ideal memiliki tubuh putih solid dengan corak merah. Putihnya harus jernih dan rata, meskipun banyak kohaku memiliki hidung kekuningan, tetapi banyak pemilik menganggapnya menawan. 

Dalam hal karakteristik fisik, tubuh koi kohaku yang bagus biasanya agak gemuk, proporsional, dan agak bulat. Pada ikan yang lebih dewasa, kepalanya memiliki struktur yang gemuk. Selain itu, pangkal ekor, tempat sirip ekor muncul, dan sirip dada berbentuk kipas di belakang kepala juga besar dan bulat. 

Semakin bulat dan putih, semakin baik. Sirip dada tipis berbentuk almond biasanya tidak disukai. Tubuh ikan harus lebih lebar dari kepala, yang menunjukkan bahwa ikan itu betina, dan itu merupakn koi kohaku yang bagus.

Jenis Koi Kohaku Berdasarkan Tanda Merah di Tubuh

1) Straight Hi

Sebagian besar kepala dan tubuh ditutupi oleh warna merah yang terhubung, atau Hi. Ini adalah pola kontinu yang biasanya membentuk garis lurus berwarna merah dari kepala ke ekor. Straight Hi juga bisa tampak seperti bercak merah yang terhubung di sepanjang punggung dan kepala.

2) Inazuma

Inazuma adalah pola garis merah terus menerus dari kepala ke ekor, tapi yang ini berbentuk zig-zag. Ini sering disebut sebagai pola “petir”. Jenis koi kohaku ini dipopulerkan pada tahun 1970, ketika koi dengan pola ini memenangkan All Nippon Show.

3) Nidan

Nidan berarti “dua” dalam bahasa Jepang, Nidan terdiri dari dua bercak merah, terkadang disebut “batu loncatan”, yang tidak terhubung. Satu bercak terletak ke arah kepala atau pangkal kepala, sedangkan bercak lainnya lebih dekat ke ekor. 

4) Sandan

Sandan berarti “tiga” dalam bahasa Jepang dan berarti jenis koi kohaku ini memiliki tiga bercak merah yang tidak terhubung. Ini biasanya terdapat di punggung mulai dari ekor ke kepala.

5) Goten Sakura

Goten Sakura memiliki arti “bunga sakura”, koi dari sub-jenis ini memiliki penampilan merah berbercak atau belang-belang. Setiap bercak merah bentuknya menyerupai bunga sakura, meski terkadang bisa lebih bulat seperti buah berry atau anggur besar.

Jenis Koi Kohaku Japan Berdasarkan Tanda Merah di Kepala

1) Kuchibeni

Kuchibeni Kohaku memiliki tanda merah di sekitar mulutnya. Ini sering disebut sebagai pola “lipstik”. Warna merah dapat menutupi seluruh mulut, atau hanya sebagian saja.

2) Menkaburi

Menkaburi diterjemahkan dari bahasa Jepang menjadi “topeng wajah” atau “kepala berkerudung”. Koi dengan pola ini memiliki bercak merah besar yang menutupi bagian atas kepalanya seperti tudung. 

Warna merah pada umumnya meluas di bawah dan di belakang mata ke bagian leher, dan juga bisa mencapai mulut.

3) Maruten

Koi dengan pola ini memiliki bercak merah di kepala yang disebut “mahkota”. Ada juga bercak merah di bagian tubuh lainnya, dengan pola yang bervariasi.

4) Tancho

Koi kohaku Japan dari varietas Tancho memiliki tanda “matahari merah”, atau bercak merah bulat tunggal di bagian atas kepala di antara kedua matanya, bagian tubuh lainnya berwarna putih.

5) Hanatsuki

Koi Hanatsuki memiliki bercak merah di leher atau pangkal kepalanya yang tampak mengalir atau berdarah ke atas menuju kepala. Itu tidak menutupi seluruh kepala, melainkan menjadi strip di antara mata.

Baca Artikel Lainnya : Tips Untuk Meningkatkan Fish Color (Warna Ikan) Koi Anda

Cara Menilai Kualitas Koi Kohaku Japan

Mengidentifikasi koi kohaku Japan yang bagus atau berkualitas baik tidaklah mudah. Meskipun ada pola dasar tertentu yang dapat diterapkan saat membeli ikan koi kohaku japan, pola tersebut dapat berubah seiring waktu. 

Memprediksi cara pola akan berkembang dan berubah hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki bakat khusus. Namun, bentuk dan konformasi tubuh juga merupakan fitur penting; hanya sedikit orang yang memahami dan menghargai kompleksitas karakteristik ini. 

Keindahan transisi antara merah (Hi) dan putih (sashi), yang disebut kiwa, adalah satu faktor yang penting dalam menilai koi kohaku Japan. Semakin tajam transisinya, semakin baik.

Semakin cerah warna putih (sashi), semakin bagus kohakunya. Di pangkal ekor, harus ada pita putih yang menjadi pembatas warna merah (Hi) agar tidak menyentuh ekor. Sirip dada, ekor, dan sirip punggung ikan harus berwarna putih. Kohaku kehilangan nilainya jika putihnya tipis atau terlihat mendekati warna abu-abu.

Beberapa jenis koi kohaku Japan seperti buah ceri atau merah tua sejak lahir sampai mati. Bergantung pada peternaknya, warna merah (Hi) pada ikan koi kohaku japan kadang-kadang bisa terlihat agak jingga di masa mudanya. 

Saat ikan dewasa atau tua, warna merah dapat berubah dari jingga menjadi merah tua. Jika pembiakannya buruk, warnanya mungkin tidak akan pernah berubah menjadi warna merah tua. Karena alasan ini, banyak pecinta koi menolak untuk membeli kohaku berwarna oranye karena takut mereka tidak akan pernah menjadi merah tua.

Untuk meningkatkan kualitas warna koi kohaku direkomendasikan memberinya pakan terbaik seperti JPD Benifuji. Pakan ini merupakan produk kualitas tinggi dari JPD yang diimport ke Indonesia oleh Platinum Adi Sentosa.

Harga Koi Kohaku

Koi kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi termahal di dunia. Dimana Saat ini rekor termahal ikan Koi kohaku Japan diberi nama S Legend.  Koi ini adalah hasil dari peternakan terkemuka di Jepang, yaitu Sakai Koi Farm. 

Koi S Legend memiliki panjang 101 Cm, dan kolektor yang membeli Koi tersebut berasal dari negara Taiwan. Dimana Koi tersebut berhasil didapatkannya secara lelang dengan harga yang cukup fantastis yaitu Rp. 27 Miliar, harga koi kohaku tertinggi hingga saat ini. 

Harga koi kohaku di pasaran berkisar Rp. 100.000 s / d Rp 300.000 untuk ukuran  25-30cm, dan yang kualitas sedang, sedangkan jika kualitas tinggi dan ukurannya lebih besar maka harganya pun akan lebih tinggi.

Baca Artikel Lainnya : Informasi Dasar yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Import Koi Japan

Tertarik Menambah Koleksi Koi Kohaku Japan?

Setelah mengetahui jenis koi kohaku dan harga koi kohaku, apakah Anda tertarik untuk menambah koleksi koi kohaku di kolam rumah Anda? Jika iya, berikan pakan terbaik, agar menjadi jenis koi kohaku yang bagus. JPD Medicarp Max merupakan pakan terbaik untuk menjaga kesehatan ikan koi kohaku Japan Anda.

Baca Artikel Lainnya: Tertarik Menambah Koleksi Ikan Koi Tancho di Kolam Anda? Berikut Informasi Penting yang perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya

5 thoughts on “10 Jenis Ikan Koi Kohaku Japan dan Cara Mengidentifikasi Koi Kohaku yang Bagus

  1. Ibnul says:

    waww Kohakuu ♥️

  2. Icha says:

    Mantapp

  3. Difa Al Mahfud says:

    mantep dah artikelnya, membantu

  4. Sikobe says:

    pengen punyaaaa

  5. Tama says:

    Pengen punya KOi sayang perawatan nya mahal katanya .. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *