Ikan Koi

Mengenal 7 Jenis Ikan Koi Jepang, Kira-Kira Berapa Harganya?

Ikan koi Jepang adalah salah satu spesies ikan yang paling terkenal dan dikagumi di seluruh dunia. Keindahannya, serta simbolisme budaya yang melekat padanya, membuat ikan koi hias ini dipelihara, dan bahkan banyak yang import koi Jepang, meskipun harga Koi Jepang cukup mahal.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa aspek menarik tentang ikan koi asli Jepang, termasuk sejarahnya, jenis-jenisnya, dan perkiraan harganya di pasaran.

Baca Artikel Sejenis: 5 Langkah Mudah Untuk Membentuk Ikan Koi yang Indah

Sejarah Ikan Koi Jepang

Sebelum Anda mencari tahu jeni-jenis ikan koi yang berasal dari Jepang, ada baiknya mengenal lebih dahulu sejarah singkat dari ikan hias ini.

Pada abad ke-19 ikan koi pertama kali dikembangkan di Jepang Mereka adalah hasil seleksi dari ikan liar yang disebut “magoi.” Seiring berjalannya waktu, para pembudidaya ikan di Jepang mulai mengembangkan warna-warna yang menarik pada ikan koi ini. 

Hasilnya adalah beragam varietas warna yang kita kenal sekarang, seperti Kohaku (merah putih), Taisho Sanke (merah, putih, dan hitam), dan Showa (hitam, merah, dan putih).

7 Jenis Ikan Koi Jepang

Ikan koi adalah salah satu hewan peliharaan paling ikonik di dunia, dan banyak pembudidaya dan penghobi ikan hias rela merogoh koceknya untuk mendapatkan koi dari negara asalnya, yaitu Jepang.

Ada berbagai jenis ikan koi Jepang, masing-masing dengan karakteristik dan keindahan uniknya sendiri. Berikut ini beberapa diantaranya:

Baca Artikel Sejenis: Ingin Menjinakan Ikan Koi? Miliki 3 Perlengkapan Penting Ini

1. Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling terkenal dan tertua di antara semua varietas ikan koi. Koi ini hasil dari persilangan ikan koi Magoi dan Shirogoi. Kohaku sangat umum ditemukan dan dikenal oleh masyarakat luas.

Ikan Koi Kohaku

Ciri khas ikan koi Kohaku adalah warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah yang menyala di seluruh tubuhnya.

Ada dua kategori koi Kohaku, yakni Inazuma (corak seperti halilintar) dan model dengan 3 pola warna (2 bercak, 3 bercak, dan 4 bercak). 

2. Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan koi Shiro Bekko ini merupakan jenis ikan koi air yang dikenal cukup indah. Dominan berwarna putih cerah dengan disertai corak hitam di tubuhnya, ikan koi ini sangat sesuai dengan namanya (shiro). 

Ikan Koi Shiro Bekko

Terlihat cantik karena terdapat bagian warna hitam yang terletak di bagian kepala. Selain itu, di bagian sirip dada ikan koi ini juga terdapat garis-garis yang indah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua ikan koi Shiro Bekko memiliki garis tersebut.

3. Utsurimono

Ikan koi Utsurimono memiliki tiga varietas warna dasar yang mencakup putih susu, kuning, merah, dan jingga. Mereka memiliki beberapa nama, seperti Shiro-Utsuri (warna putih), Hi Utsuri (warna merah), dan Ki Utsuri (warna kuning). 

Utsurimono

Shiro Utsuri memiliki corak warna hitam yang pekat dengan dasar putih yang bersih. Di sisi lain Hi Utsuri memiliki warna hitam yang bercampur dengan jingga dan merah tua yang mencolok. 

Untuk warna ikan Hi Utsuri lebih gelap dibandingkan dengan ikan koi lainnya. Sedangkan Ki Utsuri memiliki warna dasar hitam yang dipadukan dengan kuning terang.

Baca Artikel Sejenis: Apakah Industri Ikan Koi Menjanjikan? Simak Ulasannya Disini! 

4. Tancho

Jenis ikan koi Tancho adalah salah satu yang terbaik diantara ikan koi jenis lainnya. Koi Tancho dikenal karena memiliki karakteristik yang sangat unik yang membuatnya mudah dikenali oleh banyak orang. 

Tancho

Ciri utama Koi Tancho adalah keberadaan corak warna merah yang terletak hanya di bagian kepalanya.

Seluruh tubuh ikan Koi Tancho ini memiliki warna dasar yang cerah, yaitu putih. Koi Tancho memiliki berbagai varian, diantaranya Tancho Showa, Tancho Kohaku, Tancho Ghosinki, Tancho Goromo, Tancho Kujaku, dan Tancho Sanke.

5. Asagi

Ikan Koi Asagi bisa dianggap sebagai salah satu jenis ikan koi yang memiliki sejarah tertua dan paling terkenal di antara pecinta koi. Jenis ikan koi memiliki totol-totol yang khas pada tubuhnya.

Asagi

Di bagian atas tubuhnya terdapat pola warna biru, sementara bagian perut, sirip, dan insangnya berwarna merah dan jingga yang membuatnya tampak sangat mencolok dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya.

6. Kawarimono

Kawarimono merupakan salah satu jenis ikan koi yang merupakan hasil persilangan atau hibrida. Perbedaannya terletak pada warna tubuhnya yang memiliki bentuk dan pola yang aneh serta unik, yang berbeda dari ikan koi pada umumnya. 

Kawarimono

Ciri-ciri khas ikan Koi jenis Kawarimono ini adalah tidak memiliki warna tubuh yang khas seperti pada ikan koi umumnya.

7. Goshiki

Ikan Koi Goshiki adalah variasi menarik dari ikan koi yang memiliki lima warna utama, yang mencakup biru, merah, putih, hitam, dan seringkali jingga. Pola warna ini tersebar secara acak di seluruh tubuhnya, menciptakan tampilan yang mencolok dan kontras.

Goshiki

Varietas ini berasal dari Jepang pada awal abad ke-20 melalui persilangan antara ikan koi Asagi dan ikan koi Sanke, menghasilkan kombinasi warna yang unik. 

Ukuran ikan koi Goshiki dapat bervariasi, dengan panjang mencapai 60-90 cm atau lebih, tergantung pada faktor genetik dan kondisi pemeliharaannya. 

Baca Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Pembenihan Ikan Koi? Baca Infonya Disini

Dengan beragam karakteristik dan simbolisme yang dalam, ikan koi yang asli Jepang tidak hanya menjadi hewan peliharaan yang menarik, tetapi juga memancarkan pesan keindahan dan ketahanan dari budaya yang kaya dan bersejarah. 

Tidak heran banyak yang ingin memilikinya, bahkan bersedia untuk import koi jepang tersebut, meskipun harga koi Jepang terbilang cukup mahal. Jika Anda salah satu yang memilikinya, sebaiknya mempertahankan kesehatan dan keindahan tubuhnya dengan memberikan pakan terbaik.  

Salah satu pakan yang banyak direkomendasikan dan cocok adalah JPD Akafuji atau JPD Benifuji, dimana keduanya memiliki kandungan nutrisi terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan warna tubuh koi kesayangan Anda. Kedua produk tersebut bisa kamu temukan di Platinum Adi Sentosa distributor resmi merk JPD di Indonesia.

Baca Artikel Lainnya: Begini Cara Tepat Merawat Baby Koi Agar Cepat Besar & Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *