Ikan Goldfish

Cara Merawat Ikan Mas Koki ( Goldfish ) Anda Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Ikan mas koki adalah ikan yang paling populer dari semua jenis ikan hias, dan dikenal karena warnanya yang cerah dan menarik. Pada umumnya ikan mas koki memiliki umur rata-rata sekitar 10-15 tahun, bahkan beberapa varietas bisa hidup hingga 30 tahun, jika tahu cara merawat ikan mas koki yang benar. 

Sayangnya, banyak ikan mas koki yang tidak mencapai potensi umurnya karena banyak pemiliknya tidak mengetahui cara merawatnya. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena informasi berikut ini akan membantu dalam meningkatkan umur panjang, kesehatan dan kesejahteraan ikan mas koki Anda.

Baca Artikel Lainnya : Begini Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang Benar

Langkah Awal Cara Merawat Ikan Mas Koki Adalah Pilih Ukuran Akuarium yang Tepat

Akuarium sangat menentukan kesehatan ikan mas koki Anda. Volume akuarium minimal sekitar 50 L dan dengan ukuran akuarium ikan mas koki sebagai berikut:

  • Panjang = 4 x panjang badan orang dewasa
  • Lebar = 2 x panjang badan dewasa
  • Tinggi = 3 x panjang badan orang dewasa

Kapasitas filter memiliki peran yang sama pentingnya saat menyiapkan tempat untuk ikan mas koki Anda. Ingatlah bahwa semakin besar ukuran akuarium ikan mas koki dan filternya, semakin baik untuk ikan mas koki Anda.

Mengetahui Filtrasi dan Aerasi yang Baik

Ikan mas koki adalah pemakan berat dan penghasil limbah tinggi dan membutuhkan penyaringan efisien dengan ukuran yang sesuai untuk menjaga kualitas air dan untuk aerasi. 

Filtrasi yang baik akan memastikan semua air secara teratur disaring secara mekanis dan biologis melalui bakteri nitrifikasi di media filter. Jika filter tidak membuat gelembung atau mengaduk air permukaan, sistem aerasi (seperti batu udara) juga dapat dipasang untuk memastikan air teroksigenasi dengan baik. Hal ini penting, mengingat tingginya jumlah limbah ikan mas yang dihasilkan. Saat memilih filter dan sistem aerasi pastikan Anda memilih yang terbaik, dan salah satu yang terbaik saat ini adalah Matala Filtration Media dan Matala Linear Diaphragm Air Pumps.

Pemeliharaan Air

Penggantian separuh air sebesar 10-25% dari air akuarium merupakan hal yang direkomendasikan untuk dilakukan secara mingguan, bersamaan dengan pembersihan kerikil untuk menghilangkan limbah dan membantu menjaga ikan mas koki Anda tetap sehat.

Setelah 10-25% air terkuras, buang dan isi kembali. Sangat penting untuk kemudian menambahkan ager air (terkadang juga disebut kondisioner air) untuk menetralkan generator klorin dan kloramin serta gH & kH ke akuarium, dalam jumlah yang sesuai untuk air baru yang akan Anda tambahkan. Kemudian isi akuarium dengan air keran dingin, dan perhatikan suhu air ikan mas koki yang baru Anda masukkan.

Filter harus dibilas ringan dalam ember berisi air tangki saat mulai tersumbat atau setiap bulan. Penting untuk menghindari pembersihan media filter yang berlebihan karena ini akan menghilangkan bakteri menguntungkan. 

Tanpa bakteri menguntungkan dalam filter, amonia dari kotoran ikan tidak akan terurai menjadi nitrat yang cukup berbahaya selama proses penyaringan dan ini dapat menyebabkan keracunan dan kematian ikan.

Akuarium dapat dibersihkan dari penumpukan alga dengan menyeka bagian dalamnya dengan lembut menggunakan spons bersih yang aman untuk akuarium atau dengan pembersih kaca magnet. Jangan pernah menggunakan sabun atau deterjen saat membersihkan akuarium.

Menjaga Kualitas Air

Suhu air ikan mas koki atau kualitas air yang baik sangat penting untuk akuarium apa pun. Uji air Anda secara teratur untuk amonia, dan kadar nitrat untuk memastikan filtrasi biologis Anda berfungsi, Anda memeliharanya dengan tepat dan akuarium Anda tidak terlalu banyak menimbun atau terlalu banyak makan.

Parameter air lain yang mempengaruhi suhu air ikan mas koki antara lain pH, KH, GH dan suhu air. Berikut ini parameter air yang benar

  • Amonia <0,1 ppm
  • Nitrit <0,2 ppm
  • Nitrat <50 ppm (toleransi <110 ppm)
  • pH 6,5-7,5 (kisaran toleransi: 5,0-9,0)
  • KH 70-140 ppm
  • GH 150 ppm
  • Suhu 20-24°C (kisaran toleransi: 8-30°C) 

Baca Artikel Lainnya : 7 Tips Menjaga Air Kolam Ikan Koi Tetap Bersih. Mudah dan Praktis Untuk Diterapkan di Rumah

Tanaman Aquascape yang Memadai

Ikan mas koki membutuhkan tanaman aquascape yang memadai untuk mencegah stres dan memfasilitasi aktivitas pergerakannya. Pertumbuhan tanaman yang sehat adalah kunci kesehatan ikan, karena ini akan menyerap produk limbah dari air. 

Tanaman aquascape idealnya berasal dari tanaman asli dan beberapa tanaman tiruan jika diperlukan. Pastikan semua tanaman aman untuk ikan. Kayu apung dan dekorasi ikan mas koki lainnya juga dapat memberikan perlindungan.

Semakin banyak tanaman atau dekorasi yang diberikan, semakin aktif ikan mas koki Anda. Pastikan semua dekorasi bebas dari ujung yang tajam atau kasar yang dapat melukai ikan Anda, atau lubang kecil yang dapat membuat mereka terperangkap saat tumbuh lebih besar. 

Untuk mencegah wabah alga, akuarium idealnya harus dijauhkan dari sinar matahari langsung atau jendela. Lampu akuarium dapat dibiarkan menyala selama 8 jam sehari.

Mengetahui Tanda-Tanda Bahwa Ikan Anda Sakit

Perhatikan baik-baik ikan mas koki Anda. Biasakan diri dengan perilaku normalnya, hal ini akan memudahkan Anda untuk menyadari jika ada sesuatu yang salah di kemudian hari. 

Tubuh yang goyah, terus-menerus menggaruk benda-benda di dalam tangki, terengah-engah di permukaan dan berenang secara tidak normal adalah tanda-tanda bahwa ikan Anda mungkin sakit. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut Anda dapat mendeteksi penyakit ikan koi lebih dini.

Mengetahui Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Selanjutnya Anda harus bisa membedakan antara ikan mas koki jantan dan betina. Karena hal ini akan mempengaruhi proses pemijahan yang berhasil.

Pada umumnya Anda dapat melihat perbedaan ikan mas koki jantan dan betina dari siripnya. Ikan mas koki jantan siripnya bertekstur kasar dan ketika diraba terasa menonjol. Sedangkan untuk yang betina memiliki sirip dada yang halus. 

Perut betina akan terasa lembek dan akan mengeluarkan cairan kuning jika ditekan, sedangkan jantan akan mengeluarkan cairan berwarna putih dari lubang genital.

Indukan ikan mas koki jantan saat berenang akan cenderung lincah, dan untuk betina biasanya berwarna cerah dan bergerak agresif.

Baca Artikel Lainnya : 7 Cara Membedakan Ikan Mas Koki (Goldfish) Jantan dan Betina

Cara Memberi Makan

Cara merawat ikan mas koki juga terkait dengan cara memberi makannya. Tidak seperti kita, mereka hanya perlu diberi makan sekali sehari. Beri mereka makan hanya dalam jumlah yang bisa mereka habiskan. 

Makanan dapat dibeli di toko hewan peliharaan. Beri ikan variasi makanan dengan memberinya makan serpihan dan butiran. Ada dapat memberikan produk JPD Shori Goldfish atau JPD Medigold yang dimport oleh PT Platinum Adi Sentosa.

Baca Artikel Lainnya : Apa Saja Makanan Ikan Koki (Goldfish)? Berikut Ini Informasi Lengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *