Ikan Goldfish

Agar Budidaya Ikan Mas Koki Anda Berhasil, Ikuti Tahapan Ini

Agar Budidaya Ikan Mas Koki Anda Berhasil, Ikuti Tahapan Ini

Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang sangat diminati di Indonesia, sehingga tidak heran banyak yang ingin mengetahui cara budidaya ikan mas koki agara dapat meraih cuan. Karena peluang bisnis budidaya ikan koki cukup menjanjikan. 

Pasar untuk ikan mas koki cukup besar karena ikan ini sangat populer, dan harga jualnya terbilang tinggi dan stabil. Oleh karena itu, jika Anda bisa menyediakan ikan mas koki dalam jumlah yang cukup banyak, ini dapat menjadi sumber pendapatan yang lumayan.

Tingginya minat orang terhadap ikan mas koki menjadikannya pilihan yang sangat menjanjikan untuk usaha ternak ikan mas koki. 

Jika Anda termasuk salah satu yang tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan mas koki, ada beberapa tahapan yang mesti Anda lalui agar berhasil untuk menghasilkan ikan mas koki yang sehat dan bentuk tubuh terbaik.

Persiapan Akuarium atau Kolam

Tahapan pertama dalam budidaya ikan mas koki adalah mempersiapkan tempat tinggal yang sesuai bagi mereka. Pastikan akuarium memiliki ukuran minimal 100 liter agar ikan dapat bergerak dengan leluasa.

Persiapan Akuarium atau Kolam

Siapkan akuarium yang cukup besar dengan filter dan sistem sirkulasi air yang baik. Untuk itu merupakan pilihan yang tepat jika Anda memilih Matala filter media yang dipercaya banyak penghobi ikan hias terkait kebutuhan filter dan sirkulasi air yang bisa di dapatkan di Platinum Adi Sentosa.

Baca Artikel Sejenis: Tips Memilih Goldfish Berkualitas Beserta Cara Merawatnya

Memilih Indukan Mas Koki

Tahapan berikutnya dalam budidaya ikan mas koki adalah memilih indukan dengan kualitas terbaik. Indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan yang berkualitas juga. 

Pertama-tama, Anda perlu menentukan jenis ikan mas koki yang ingin Anda budidayakan, dan kemudian mencari indukan yang sesuai. Saat memilih indukan, pastikan untuk mengikuti panduan berikut:

  1. Pastikan indukan tidak agresif atau lemah.
  2. Pilihlah ikan dengan warna cerah dan tanpa bekas luka.
  3. Pastikan indukan dalam keadaan sehat dan tidak mengalami penyakit.
  4. Pastikan fisik indukan lengkap dan tidak cacat.

Selain itu, Anda juga perlu memahami perbedaan antara indukan jantan dan betina. Berikut adalah ciri-ciri khas dari masing-masing jenis indukan tersebut:

1. Indukan Jantan

  • Pada umumnya jantan memiliki bintik-bintik putih pada sisiknya.
  • Anusnya biasanya terlihat datar.
  • Fisiknya cenderung ramping.

2. Indukan Betina

  • Sisiknya biasanya lebih halus tanpa bintik-bintik.
  • Anusnya lebih menonjol.
  • Postur tubuhnya cenderung lebih bulat dibandingkan dengan indukan jantan.

Baca Artikel Sejenis: Tips Memilih Goldfish Berkualitas Beserta Cara Merawatnya

Mengawinkan Ikan

Tahapan mengawinkan ikan merupakan langkah penting dalam dunia budidaya ikan hias. Tahap ini mempengaruhi keberhasilan dan kualitas keturunan ikan. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda melakukanya dengan benar di setiap langkahnya. 

Mengawinkan Ikan

Untuk mengawinkan ikan mas koki, langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti:

  1. Taruh indukan ikan mas koki ke dalam akuarium yang telah disiapkan sebelumnya. Disarankan untuk menambahkan tanaman eceng gondok dalam akuarium. Tujuannya adalah memberikan kenyamanan bagi ikan selama proses perkawinan dan juga sebagai tempat untuk menaruh telur ikan mas koki yang sudah dibuahi.
  1. Selain tanaman eceng gondok, Anda juga dapat menambahkan tanaman air lainnya atau media khusus untuk menempatkan telur ikan mas koki.
  1. Satu ekor ikan mas koki jantan mampu membuahi dua ekor ikan mas koki betina. Untuk pemula, sebaiknya cukup kawinkan satu ekor jantan dengan dua ekor betina terlebih dahulu. Setelah Anda telah terbiasa, Anda dapat mempertimbangkan untuk membudidayakan hingga lima ekor jantan dalam satu waktu.
  1. Telur ikan mas koki akan dikeluarkan oleh ikan betina dan kemudian dibuahi oleh ikan jantan hingga akhirnya jadilah anak ikan mas koki. Proses pembuahan ini biasanya disebut sebagai pembuahan eksternal.

Baca Artikel Sejenis: Cara Merawat Ikan Mas Koki ( Goldfish ) Anda Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Perawatan Burayak Ikan Mas Koki

Setelah selesai prosess mengawinkan ikan mas koki, Anda selanjutnya masuk ke dalam tahap perawatan anak ikan mas koki atau burayak. Agar burayak dapat berhasil tumbuh dengan sehat dan indah, maka sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Telur ikan yang telah dibuahi oleh pejantan biasanya akan menetas dalam waktu sekitar 2-4 hari. Namun, tidak semua telur akan berhasil menetas. Telur yang tidak menetas sebaiknya diambil agar tidak mengotori lingkungan ikan. 
  2. Setelah telur menetas, larva ikan memiliki cadangan makanan yang cukup selama sekitar 3-4 hari, sehingga tidak perlu memberi makan terlebih dahulu.
  3. Setelah larva mencapai usia sekitar 14 hari, Anda dapat memberikan makanan berupa kuning telur rebus. Kemudian, secara bertahap, Anda jug dpt memberikan Koi gozen yang berbentuk powder, dicampurkan air atau jika ingin menambah protein, Anda bisa menggunakan kuning telur lalu diaduk dan dijadikan pasta, kemudian bentuk butiran lalu disebarkan ke burayak
  4. Anda juga dapat memberikan pelet yang dikhususkan untuk anak ikan mas koki, salah satu produk terbaik dan banyak direkomendasikan pembudidaya ikan mas koki adalah produk Mizuho Goldfish Baby.
  5. Selain memberikan makanan, penting juga untuk selalu memantau kondisi air dan akuarium. Larva ikan masih sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, jadi pastikan kondisi air tetap stabil dan bersih. 

Baca Artikel Lainnya: Agar Tidak Salah Memilih Pelet Ikan, Sebaiknya Ketahui Info Penting Ini

Masa Panen dan Penjualan Ikan

Setelah proses perawatan anak ikan mas koki Anda lalui, selanjutnya Anda masuk ke dalam masa panen. 

Untuk memanen ikan mas koki, Anda dapat melakukannya setelah umur ikan mas koki  3-4 bulan dengan berat rata-rata sekitar 400-600 gram per ekor. 

Masa Panen dan Penjualan Ikan

Ikan koki yang telah siap panen dapat dijual langsung kepada pengepul, penjual ikan eceran, atau kepada pecinta ikan hias. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan memperluas jangkauan pasar.

Harga jual satu ekor anak ikan mas koki biasanya dimulai dari Rp10.000, namun harga dapat lebih tinggi tergantung pada jenis, berat, dan umur ikan mas koki tersebut. 

Dengan asumsi Anda mampu menjual minimal 15 ekor per hari, maka dalam satu bulan Anda berpotensi mendapatkan keuntungan sekitar Rp 4.500.000 atau lebih, tergantung pada harga jual yang Anda tetapkan dan permintaan pasar.

Baca Artikel Sejenis: Begini Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang Benar

Itulah tahapan budidaya ikan mas koki yang umumnya terjadi. Semoga dapat menambah wawasan Anda dalam budidaya ikan mas koki. 

Semoga Anda dapat meraih keberhasilan dalam mendapatkan ikan yang indah dan sehat, serta potensi untuk menciptakan usaha yang menguntungkan di dunia budidaya ikan hias.

Baca Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Ikan Goldfish Kontes dan Faktor Penilaiannya

One thought on “Agar Budidaya Ikan Mas Koki Anda Berhasil, Ikuti Tahapan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *