Ikan Tropis

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Dunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk dalam hal ikan hias. Keindahan dan keunikan ikan hias asli Indonesia telah menarik perhatian para penggemar ikan di seluruh dunia. 

Ikan hias yang berasal dari indonesia saat ini banyak diminati di pasar nasional maupun dunia. Itulah alasan para penghobi maupun komunitas tertentu berburu untuk membudidayakan ikan-ikan ini. 

Apa spesies ikan hias asli indonesia tersebut? dan apa saja ciri khasnya? Di artikel kali ini kami akan mengulasnya dengan lengkap.

Artikel Sejenis: 5 Tropical Fish Paling Populer yang Mudah Untuk Dipelihara

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia

Mungkin selama ini Anda banyak melihat atau bahkan memelihara ikan hias dalam akuarium Anda, mulai jenis air tawar maupun air laut. Namun, beberapa dari Anda banyak yang belum mengetahui ikan hias asli Indonesia. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis ikan hias yang berasal dari Indonesia dan mempelajari tentang pesona mereka yang memikat. 

1. Ikan Arwana

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia_Ikan Arwana

Ikan arwana, atau dikenal juga dengan sebutan “Dragon Fish,” adalah salah satu spesies ikan hias yang sangat populer di dunia. Jenis ini memiliki daya tarik yang kuat berkat penampilannya yang elegan, sirip yang panjang, serta sisik yang mengkilap. 

Salah satu keunikan ikan Arwana adalah warna sisiknya yang mencolok. Berbagai jenis Arwana memiliki beragam warna, diantaranya adalah merah, emas, perak, hijau, dan biru. 

Beberapa jenis Arwana juga memiliki pola atau corak yang menarik, seperti garis-garis hitam atau bintik-bintik. Keindahan warna dan pola sisik Arwana membuatnya menjadi ikan yang sangat diincar oleh penghobi ikan hias.

Arwana adalah ikan air tawar yang berasal dari sungai-sungai di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Indonesia, beberapa jenis Arwana yang terkenal adalah Arwana Merah (Scleropages formosus) dan Arwana Super Red.

Untuk menjaga pesona keindahan warna dan pola tubuhnya sebaiknya berikan ikan Arwana pakan berkualitas seperti JPD Arowana. Ini merupakan pakan yang diformulasikan dengan menggunakan fish meal dan krill meal kualitas terbaik, mengandung enzim protease dan enzim phytase untuk menunjang kesehatan organ pencernaan Ikan Arwana.

2. Ikan Cupang

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia_Ikan Cupang

Ikan Cupang, atau dikenal juga dengan nama Betta, adalah salah satu ikan hias air tawar yang populer di dunia. 

Cupang berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan telah menjadi salah satu ikan yang paling diakui dan dikagumi karena keindahan dan keunikan bentuk serta warna tubuhnya.

Salah satu ciri khas ikan Cupang adalah siripnya yang indah dan mempesona. Mereka memiliki sirip panjang yang menjuntai, terutama pada jantan. 

Beberapa cupang juga memiliki pola atau corak yang menarik, seperti bintik-bintik, garis-garis, atau kombinasi warna yang kontras.

3. Ikan Tigerfish

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia_Ikan Tigerfish

Tiger fish merupakan salah satu ikan hias asli Indonesia. Biasanya ikan ini dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, terutama di Sumatera dan Kalimantan. 

Mereka biasanya hidup di sungai, rawa, dan perairan yang tenang dengan vegetasi yang cukup. Beberapa sungai di Indonesia, seperti Sungai Musi di Sumatera Selatan, Sungai Kapuas di Kaldi perairan sungai  Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Bahkan baru-baru ini Tigerfish tengah menjadi buah bibir, karena ikan ini tengah diburu dan dijual ke Jakarta dengan harga 25 Juta per ekor, sedangkan harga yang diperoleh dari habitatnya tersebut  rata-rata Rp 200 ribu per ekor untuk ukuran sekitar 10 sentimeter.

Ikan Tigerfish memiliki tubuh yang ramping dan siluet yang memanjang, Tigerfish Indonesia dapat tumbuh hingga sekitar 30 cm. Tubuhnya memanjang dari kepala hingga ekor, dengan bagian tengah tubuh yang lebih tinggi. Memiliki corak dan pola yang mirip dengan motif harimau, itu sebabnya ikan ini dinamakan “Tigerfish”. 

4. Ikan Botia

5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia_Ikan Botia

Ikan Botia, atau juga dikenal sebagai ikan Loach, adalah kelompok ikan hias yang cocok di aquarium. Mereka termasuk dalam keluarga Cobitidae dan berasal dari wilayah Asia, terutama India, Pakistan, dan Indonesia. 

Ikan Botia memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping dengan sirip yang proporsional. Mereka memiliki mulut yang agak mencuat ke depan dan memiliki pola warna yang menarik pada tubuh mereka. 

Pola tersebut dapat berupa belang-belang, bintik-bintik, atau garis-garis yang terang dan gelap.

Salah satu ciri khas ikan Botia adalah adanya sepasang “sumbu botol” atau semacam alat pengejar yang terletak di sisi tubuh mereka, terutama pada bagian depan. Struktur ini memberikan keunikan dan memberikan kesan khas pada ikan Botia.

Ikan Botia dikenal karena sifatnya yang ramah dan antusias dalam menjalani kehidupan dalam akuarium. Mereka akan menambah tampilan akuarium rumah Anda semakin menarik dan berwarna.

5. Rainbowfish

Rainbowfish, adalah kelompok ikan air tawar yang indah dan populer di kalangan penghobi ikan hias. Mereka termasuk dalam keluarga Melanotaeniidae dan berasal dari perairan tawar di Australia, Indonesia, Papua Nugini, dan beberapa wilayah di Asia Tenggara.

Salah satu ciri khas utama Rainbowfish adalah warna yang cerah dan memikat pada tubuhnya. Rainbowfish juga dikenal karena sirip-siripnya yang panjang dan indah, terutama pada jantan. Sirip ekor mereka bisa berbentuk seperti kipas atau berujung runcing.

Rainbow Fish adalah ikan hias yang cocok di aquarium. Mereka membutuhkan air yang bersih dan berkualitas baik dengan suhu yang stabil, biasanya antara 24-28 derajat Celcius. 

Mereka juga membutuhkan pemberian makanan yang seimbang, termasuk pelet ikan, cacing darah, serangga kecil, dan makanan hidup lainnya. Anda juga dapat memberikan pakan praktis dan penuh nutrisi seperti Trident Aquacare – Tropical Gold Premium.

Artikel Sejenis: 7 Ikan Hias Air Laut Termahal yang Cantik dan Unik

Bagaimana Cara Mengenali Spesies Ikan Hias Asli Indonesia?

Jika Anda mulai tertarik untuk menambah koleksi ikan hias yang habitat asli Indonesia di dalam akuarium rumah Anda, sebaiknya kenali dan pahami terlebih dahulu spesies ikan hias asli indonesia yang ingin Anda beli. 

Ada berbagai cara agar Anda dapat mengenal lebih dalam tentang ikan hias yang berasal dari Indonesia. Diantaranya melakukan riset online, mendatangi pembudidaya ikan hias, berteman atau bergabung dengan komunitas, dan yang terakhir tentunya menghadiri event atau acara yang berkaitan dengan ikan hias.

Salah satu yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Nusatic 2023 yang akan diadakan pada tanggal 14-16 Juli  2023 di  Hall 9-10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City

Ini merupakan event terbesar yang terdiri dari pameran, seminar, talkshow, serta kontes internasional ikan hias dan aquatic plants yang sangat menarik.  Pastinya di acara tersebut akan ada pengetahuan tentang ikan hias asli Indonesia.

Di event Nusatic 2023 Anda juga dapat mengunjungi booth PT Platinum Adi Sentosa. Disini akan ada pameran berbagai produk pakan dan peralatan akuarium serta kesempatan menangkan hadiah jutaan rupiah. Segera amankan tiketnya di tiketapasaja.com, dan kita berjumpa disana. 

Artikel Lainnya: Apa Itu Astaxanthin Untuk Ikan, dan Seberapa Penting Manfaatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *