Pakan Ikan

Ternyata Ini Fungsi Bakteri Probiotik Pada Pakan Ikan Hias

Ternyata Ini Fungsi Bakteri Probiotik Pada Pakan Ikan Hias

Dalam dunia budidaya ikan, kesehatan ikan menjadi faktor kunci yang mempengaruhi produktivitas dan keberlanjutan usaha budidaya ikan hias. Salah satu pendekatan inovatif yang semakin mendapatkan perhatian adalah penggunaan bakteri probiotik dalam pakan ikan.

Probiotik, sebagai mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat kesehatan, telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Bakteri Probiotik Untuk Ikan Koi

Apa Sebenarnya Fungsi Bakteri Probiotik Untuk Ikan Hias?

Probiotik memiliki makna secara umum sebagai “Pro kehidupan” atau pendukung kehidupan. Fungsinya adalah untuk menunjang, mempertahankan, atau meningkatkan tingkat kehidupan suatu makhluk, khususnya dalam konteks ini, ikan hias. 

Probiotik tidak hanya memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh ikan, tetapi juga berinteraksi secara erat dengan faktor nutrisi. 

Pola makan yang seimbang, bersamaan dengan suplementasi probiotik, dapat meningkatkan daya serap nutrisi yang esensial untuk kekebalan ikan. 

Probiotik bekerja dengan cara menekan atau menghilangkan faktor-faktor yang dapat membuat tingkat kehidupan makhluk tersebut tidak kondusif, yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat mortalitas (kematian) secara signifikan.

Probiotik mampu menghasilkan mikroba yang memberikan manfaat bagi ikan yang sedang dibudidayakan. Beberapa contoh mikroba tersebut melibatkan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, dan kelompok-kelompok Bacillus serta Pseudomonas.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Lebih Dekat Bakteri Probiotik, Manfaat dan Jenisnya

Perbedaan Antara Probiotik dan Prebiotik

Dalam dunia nutrisi seringkali kita mendengar tentang probiotik dan prebiotik. Meskipun kedua istilah ini terdengar serupa, namun perbedaan esensial mereka memegang peran penting dalam memahami dan memelihara kesehatan saluran pencernaan makhluk hidup. Berikut ini perbedaan mendasar antara probiotik dan prebiotik.

Probiotik

Probiotik merujuk pada mikroorganisme hidup, seperti bakteri atau ragi, yang memberikan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. 

Probiotik biasanya ditemukan dalam makanan atau suplemen, dan mereka membantu memelihara keseimbangan mikrobiota usus dan mendukung sistem pencernaan. Contoh umum bakteri probiotik adalah lactobacillus dan bifidobacterium.

Prebiotik

Prebiotik adalah jenis serat makanan yang tidak dicerna oleh tubuh tetapi dapat menjadi sumber nutrisi bagi mikroorganisme baik di dalam usus, termasuk probiotik. 

Prebiotik membantu merangsang pertumbuhan dan aktivitas mikroorganisme sehat dalam usus. Contoh prebiotik meliputi inulin, fruktooligosakarida (FOS), dan galakto oligosakarida (GOS).

Sederhananya, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat kesehatan, sementara prebiotik adalah jenis serat makanan yang memberikan dukungan nutrisi untuk mikroorganisme sehat, khususnya probiotik, yang sudah ada dalam saluran pencernaan. 

Kombinasi dari keduanya, yang dikenal sebagai sinbiotik, dapat memberikan manfaat sinergis bagi kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Artikel Lainnya: Ini Alasan Mengapa Gizi Pakan Ikan Hias Sangat Penting

Mengapa Pakan Ikan Hias Terdapat Kandungan Bakteri Probiotik?

Saat ini banyak ditemukan pakan ikan hias di pasaran yang mengandung bakteri probiotik, terutama pakan premium. Berikut ini beberapa alasan mengapa pakan ikan hias terdapat kandungan probiotik.

Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Probiotik membantu menjaga keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan ikan. Seimbangnya mikrobiota ini esensial untuk pencernaan yang optimal dan penyerapan nutrisi yang baik. 

Dengan demikian, pakan yang mengandung probiotik dapat membantu mencegah masalah pencernaan dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan ikan.

Untuk Pencegahan Penyakit

Probiotik dapat memberikan perlindungan terhadap patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada ikan. 

Dengan menghuni saluran pencernaan ikan, bakteri probiotik bersaing dengan patogen untuk sumber daya dan ruang, mengurangi risiko infeksi dan penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan ikan.

Stimulasi Sistem Kekebalan

Beberapa strain probiotik telah terbukti merangsang respons kekebalan ikan, termasuk meningkatkan produksi antibodi dan aktivitas sel kekebalan. Dengan demikian, pakan ikan yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan daya tahan ikan terhadap infeksi dan penyakit.

Reduksi Penggunaan Antibiotik

Penggunaan probiotik dalam pakan ikan juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada antibiotik. Dengan memberikan perlindungan alami terhadap patogen, probiotik dapat mengurangi kebutuhan untuk menggunakan antibiotik dalam budidaya ikan, yang sesuai dengan prinsip-prinsip keberlanjutan dan mengurangi risiko resistensi antibiotik.

Meningkatkan Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup

Probiotik dapat mendukung pertumbuhan ikan yang optimal dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup. Dengan menyediakan lingkungan saluran pencernaan yang sehat dan mengoptimalkan pemanfaatan nutrisi, probiotik berkontribusi pada hasil produksi yang lebih baik.

Ketahanan Terhadap Perubahan Lingkungan

Pakan ikan yang mengandung bakteri probiotik dapat membantu ikan beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan lingkungan, seperti fluktuasi suhu atau salinitas. Ini memberikan keuntungan tambahan untuk kesehatan dan kesejahteraan ikan.

Dengan demikian, penambahan probiotik dalam pakan ikan diharapkan dapat memberikan manfaat komprehensif bagi kesehatan dan kinerja ikan dalam sistem budidaya akuakultur.

Baca Artikel Lainnnya: Agar Tidak Salah Memilih Pelet Ikan, Sebaiknya Ketahui Info Penting Ini

Rekomendasi Pakan Ikan Hias yang Mengandung Probiotik

Dari pembahasan di atas, kini terungkap betapa pentingnya peran probiotik dalam mendukung perkembangan dan menjaga kesehatan ikan hias. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda memilih pakan ikan hias yang mengandung bakteri probiotik. 

Berikut beberapa rekomendasi pakan ikan hias yang telah terbukti mengandung probiotik dan dapat memberikan manfaat optimal bagi kesehatan ikan hias Anda.

Untuk Pakan Ikan Koi

Untuk Pakan Ikan Arwana dan Ikan Predator

Untuk Pakan Ikan Mas Koki (Goldfish)

Baca Artikel Lainnya: JPD, Produk Pakan Dengan Probiotik, Penting Untuk Ikan Hias

Semua produk pakan tersebut mengandung probiotik di dalam kemasannya. Anda dapat melihat informasi kandungannya lebih detail pada katalog produk yang dapat Anda lihat di website kami atau distributor kami di marketplace maupun toko offline. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan ikan hias yang Anda miliki.

Baca Artikel Lainnya: 7 Jenis Pakan Ikan Hias Air Laut , Serta Informasi Gizinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *