Fish Tank, Ikan Koi

Ternyata Begini Cara Mengukur Ikan Koi yang Tepat dan Efisien

Setiap pecinta ikan koi pastinya ingin melihat hewan peliharaannya itu tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu, untuk memastikan ikan koi tumbuh dengan baik dan sehat, pemahaman tentang pola tumbuh ikan koi menjadi sangat penting. Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah bagaimana cara mengukur ikan koi dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengukur koi. Pertama adalah Anda harus mengetahui jeni-jenis ikan koi dan karakteristiknya, jadi Anda tahu ukuran minimal dan maksimal ikan koi yang nantinya akan diukur.

Kedua adalah peralatan yang harus disiapkan ketika ingin mengukur koi, mulai dari bak ukur ikan koi hingga jaring harus Anda siapkan ketika ingin mengukurnya. Untuk memudahkan Anda, pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara mengukur ikan koi.

Baca Artikel Sejenis: 5 Langkah Mudah Untuk Membentuk Ikan Koi yang Indah

Mengukur Ikan Koi Berdasarkan Umurnya

Tentunya bagi Anda para pecinta ikan koi ingin melihat koi kesayangan Anda dapat bertumbuh dengan ideal di setiap fase umurnya.  Maka dari itu, agar Anda  dapat mengetahui apakah pertumbuhan koi kesayangan Anda berjalan ideal, berikut ini kami bagikan tabel informasi ukuran ikan koi yang ideal berdasarkan umurnya.

UmurUkuran 
1 Bulan2,7 cm
6 Bulan13 cm
12 Bulan23 cm
18 Bulan32 cm
2 Tahun39 cm
3 Tahun51 cm
3,5 Tahun55 cm
4 Tahun59 cm
4,5 Tahun62 cm
5 Tahun65 cm
5,5 Tahun67 cm
6 Tahun69 cm
6,5 Tahun71 cm
7 Tahun72 cm

Tabel tersebut merupakan gambaran umum rata-rata pertumbuhan ikan koi berdasarkan umurnya. Namun, sekali lagi kami ingatkan bahwa pertumbuhan ikan koi dapat bervariasi, dan jenis-jenis ikan koi berbeda-beda, maka dari itu pertumbuhan ikan hias ini juga dipengaruhi faktor genetik dan lingkungannya yang berbeda.

Seberapa Cepat Pertumbuhan Ikan Koi?

Secara umum, rata-rata ikan koi membutuhkan waktu sekitar 7-8 tahun untuk mencapai panjang maksimalnya. Saat ini, ikan koi biasa (kecil) tumbuh sedikit lebih cepat dan mungkin mencapai ukuran maksimalnya dalam waktu 2 tahun atau kurang.

Ikan Koi Jepang dan Jumbo membutuhkan waktu hingga 7-8 tahun untuk mencapai ukuran penuh. Rata-rata panjang ikan koi umumnya mencapai sekitar 8 cm pada akhir tahun pertama kehidupannya, dan sisa panjangnya akan dicapai pada tahun-tahun berikutnya.

Untuk tumbuh lebih besar dan cepat, ikan koi membutuhkan habitat yang luas, hangat, serta makanan berkualitas tinggi. Ikan koi muda akan tumbuh lebih cepat jika diberi makanan yang seimbang, untuk itu berikan pakan Mizuho baby koi, pakan khusus untuk koi muda.

Baca Artikel Sejenis: Ingin Menjinakan Ikan Koi? Miliki 3 Perlengkapan Penting Ini

Faktor yang Mempengaruhi Ukuran dan Pertumbuhan Koi

Genetika seekor koi merupakan komponen terpenting dalam menentukan pertumbuhannya dan  menciptakan jenis-jenis ikan koi yang berbeda. Namun selain genetika pertumbuhan dan jenis ikan koi juga dipengaruhi beberapa faktor berikut ini:

1. Ukuran Kolam Koi Anda

Ukuran kolam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan koi. Koi yang besar tidak bisa ditempatkan di kolam yang kecil. 

Jika koi tidak memiliki ruang yang cukup untuk hidup bebas, maka ia tidak akan tumbuh besar. Anda juga disarankan untuk memiliki kolam dengan kedalaman minimal 180-200 cm dan area perairan terbuka yang bagus untuk koi.

Itulah sebabnya pembudidaya koi komersial memelihara koi mereka di kolam yang besar dan dalam. 

2. Jumlah Koi Dalam Kolam

Mengumpulkan berbagai jenis-jenis ikan koi dalam kolam memang sangat menyenangkan, namun perlu diingat bahawa jangan sampai penghuni dalam kolam Anda berlebihan dan melebihi kapasitas kolam Anda.

Jumlah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan koi. Mereka tidak akan tumbuh dengan baik jika Anda memelihara terlalu banyak koi di tempat yang terbatas. 

Jumlah galon air yang dibutuhkan untuk setiap sentimeter panjang ikan Koi dapat bervariasi Namun, ada aturan umum yang sering digunakan oleh penghobi Koi untuk memberikan perkiraan kasar.

Sebagai panduan kasar, beberapa penghobi Koi menggunakan aturan 1 koi memerlukan sekitar 100 hingga 200 liter (sekitar 26 hingga 53 galon) air per ekor ikan. Ini berarti untuk Koi dengan panjang 30 sentimeter (sekitar 1 kaki), Anda mungkin membutuhkan kolam berkapasitas sekitar 3000 hingga 6000 liter (sekitar 790 hingga 1585 galon.

3. Usia Koi

Pertumbuhan seekor koi juga ditentukan oleh umurnya.  Idealnya koi tumbuh memanjang terlebih dahulu, lalu mereka akan gemuk, kemudian proposional secara lebar dan panjangnya. Mereka akan berhenti tumbuh, jika sudah mencapai potensi maksimalnya

4. Kualitas Dan Suhu Air

Kualitas air membantu menentukan seberapa besar pertumbuhan koi. Meskipun mereka dapat menahan rentang suhu yang luas. Koi tumbuh paling baik pada suhu antara 18-23 derajat celcius.

Baca Artikel Sejenis: Pemilihan Pakan Koi yang Tepat Harus Terdapat Kandungan Ini

Cara Mengukur Ikan Koi yang Akurat

Mungkin bagi sebagian orang mengukur koi sesimpel hanya cukup mengangkat tubuh ikan koi lalu mengukurnya dengan penggaris. Sebenarnya tidak bisa dibilang sesimpel itu, karena layaknya makhluk hidup lainnya, koi juga butuh pendekatan untuk mengukurnya, agar mereka tidak stress.  Berikut ini tips dalam mengukur ikan koi yang tepat:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk mengukur ikan koi. Idealnya, lakukan pengukuran saat ikan sedang aktif dan bergerak di kolam. Hindari mengukur mereka saat mereka sedang stres atau terganggu.

2. Cara Mengangkat Ikan Koi

Saat ingin mengangkat ikan dari kolam menuju bak ukur, sebaiknya Anda memegang bagian kepala dan ekor, atau jika Anda memiliki serokan handling akan lebih bagus, hindari menggunakan serokan biasa karena serokan ini memiliki jaring yang kasar yang kemungkinan dapat merusak sisik ikan koi Anda.

3. Usahakan Menggunakan Bak Ukur Khusus Ikan Koi 

Bagi penghobi ikan koi pemula biasanya mengukur tubuh ikan koi dengan penggaris atau pita khusus pengukuran ikan koi. Namun saat ini cara itu terbilang kurang efisien, karena akan lebih baik jika menggunakan bak ukur yang dikhususkan untuk mengukur tubuh ikan koi. 

Ada beberapa produk bak ukur ikan koi yang dapat kamu temukan di pasaran, akan tetapi jika Anda mencari yang kualitas terbaik, kami merekomendasikan bak ukur Matala Koi Measuring  Tank .

Salah satu fitur unggulan bak ukur ikan koi dari Matala Koi Measuring Tank adalah kemampuannya dalam mengukur ikan koi dengan mudah dan tepat. Anda dapat dengan mudah mengetahui panjang ikan koi secara presisi. 

Tidak perlu lagi repot-repot menggunakan jangka pengukur yang tidak akurat atau memperkirakan ukuran ikan dengan mata telanjang.

Produk tersebut bisa kamu dapatkan di berbagai reseller dari PT Platinum Adi Sentosa.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Paludarium Beserta Jenis dan Komponen Ekosistemnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *