Ikan Arwana

Terapkan Teknik Breeding Atau Pemijahan Ikan Arwana Ini Agar Sukses Panen Berlimpah dan Raih Untung!

Ikan arwana merupakan ikan yang berharga mahal dan banyak diperjualbelikan di kalangan penghobi ikan hias. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk meraih cuan, tapi tentunya Anda perlu mengetahui teknik breeding atau pemijahan ikan arwana terlebih dahulu jika ingin sukses panen dan meraih keuntungan.

Budidaya ikan Arwana bukanlah hal yang mudah Anda perlu mempelajari beberapa teknik breeding atau pemijahan ikan arwana yang benar agar berhasil melahirkan anak ikan arwana yang sehat, yang mana nantinya siap untuk Anda pasarkan. Lakukan persiapan untuk proses pemijahan dengan benar, seperti menjalankan langkah-langkah berikut ini:

Baca Artikel Lainnya: Begini Cara Perawatan Ikan Arwana di Dalam Akuarium yang Tepat. DIjamin Ikan Arwana Anda Akan Nyaman dan Sehat

Terapkan Teknik Breeding yang Benar

Dalam melakukan teknik breeding atau pemijahan ikan arwana yang benar ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya Anda harus melakukan persiapan untuk proses pemijahan, menata akuarium atau penangkarannya, hingga memilih pasangan yang tepat. Berikut ini langkah-langkah yang tepat dalam teknik breeding atau pemijahan ikan arwana.

1. Menata Penangkaran

Teknik breeding atau pemijahan ikan arwana yang pertama adalah menyiapkan tempat penangkaran. Jika ingin ikan arwana berkembang biak dengan optimal Anda harus menata akuarium atau kolam senyaman mungkin untuk ikan arwana Anda, seperti menaruh banyak aksesoris batu atau tanaman air yang cocok dengan habitatnya.

Apabila Anda memilki lahan yang luas, Anda dapat membuat kolam dengan ukuran yang besar dan diberi aksesoris bebatuan atau tanaman sehingga ikan arwana Anda merasa hidup di alam habitatnya. Jika ikan Arwana Anda sudah merasa nyaman, mereka akan jauh dari stres dan cepat berkembang biak dengan cepat dan bahkan bisa dalam jumlah yang banyak.

2. Membuat Kolam Pemijahan yang Sesuai Lingkungan Ikan Arwana

Budidaya ikan arwana tidak mudah dilakukan, agar berhasil Anda perlu membuat kolam pemijahan yang sesuai lingkungan hewan cantik bertubuh panjang ini. Pastikan suhu air akuarium ikan arwana Anda berada di sekitar 23 derajat hingga 28 derajat Celcius (75-82°F). Pertahankan tingkat pH sekitar 6,5 hingga 7,5.

Anda harus menjaga kondisi air semirip mungkin dengan tempat mereka berasal. Selain itu, Anda harus melakukan pergantian sekitar 30-35% dari volume air secara keseluruhan. Ini harus Anda lakukan rutin setiap harinya. Anda juga perlu menjaga ketinggian air sekitar 50-75 cm. Pertahankan kedalaman air di sekitar 0,5 – 0,75 meter.

3. Memilih Pasangan Ikan Arwana yang Tepat

Untuk melakukan budidaya ikan arwana, Anda juga harus bisa memilih pasangan ikan arwana yang tepat. Anda dapat memilih sepuluh ikan arwana dewasa, dengan 5 betina dan 5 arwana jantan sebagai permulaan.

Anda dapat melihat perbedaan ikan arwana jantan dan betina ketika mereka sudah berusia 3-4 tahun. Perhatikan ukuran tubuh dan rongga mulutnya. Ikan Arwana jantan memilki bentuk tubuh yang ramping dan lebar dari punggung hinga ke perut. Mulut ikan arwana jantan lebih besar dan rahangnya lebar ke arah bawah.

Selain itu, ikan Arwana jantan memilki warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan yang betina. Ukuran kepala jantan pun lebih besar dari betina. Dari perilaku, si jantan akan terlihat lebih agresif dan selalu unggul jika berebut makanan.

Ikan arwana cenderung akan mencari pasangannya secara alami. Jika telah memilih pasangan ikan arwana yang tepat, mereka akan mulai bertelur. Pasang jaring untuk memisahkan pasangan yang sudah berhasil bertelur dari ikan arwana lainnya agar tidak diganggu. Selain itu, jaring memungkinkan burayak (anak ikan yang masih kecil-kecil) berenang bebas.

Baca Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Arwana Berdasarkan Warnanya, Beserta Info Harganya

4. Memilih Waktu Pemijahan yang Tepat

Awal musim hujan biasanya adalah waktu pemijahan yang tepat untuk ikan arwana. Jantan dan betina akan mencari pasangannya masing-masing, terkadang pada proses ini ikan arwana jantan akan berebutan untuk mendapatkan pasangan betinanya.

Setelah mereka mendapatkan pasangannya masing-masing, ikan arwana akan mencari tempat  untuk memijah, biasanya tempat khusus yang dipilihnya, dimana tidak boleh ada pasangan ikan arwana lain memasukinya.

5. Proses Pemijahan Ikan Arwana

Dalam proses pemijahan, induk Arwana betina akan mengeluarkan sel telurnya terlebih dahulu. Setelah itu induk jantan akan membuahinya dengan cara menyemprotkan cairan spermanya ke sel telur.

Jika proses pembuahan telah usai, selanjutnya telur-telur tersebut akan dipungut oleh induk jantan dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Lalu kemudian arwana jantan akan membawa telur di mulutnya hingga telur menetas. Telur berubah menjadi oranye, dan burayak terlihat seperti bulatan kecil kelereng di minggu pertama.

Setelah itu pisahkan anak ikan arwana ke wadah khusus. Kemudian jemur di bawah sinar matahari pagi hari agar warna yang akan dihasilkan terlihat indah.

Kamu harus memberikan perhatian khusus kepada anak ikan arwana yang telah dipisahkan, hingga nantinya mereka mencapai ukuran kurang lebih 24-25 cm.

6. Pemberian Pakan Nutrisi Arwana

Pemberian pakan nutrisi juga salah satu faktor penting dalam teknik breeding atau pemijahan ikan arwana.

Anda perlu memberi perhatian ekstra pada anak ikan arwana saat melakukan budidaya. Beri makan ikan dengan makanan bergizi. Berikan makanan hidup untuk arwana dewasa seperti belalang, katak kecil, udang, lalat, atau cacing.

Anda bisa memberi makan burayak dengan plankton beku-kering, diet beku tinggi protein, dan serpihan berkualitas tinggi yang dicampur dengan pelet.

Baca Artikel Lainnya: Tips Memberi Makan Ikan Predator dan Menyiapkan Aquariumnya

Anda juga perlu berhati-hati, karena makanan hidup dapat menyebabkan arwana terkena penyakit tertentu. Jika ingin aman dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap untuk ikan arwana Anda pilih produk JPD Arowana, pakan premium dari JPD yang di import oleh PT Platinum Adi Sentosa.

Memulai budidaya ikan arwana mungkin tampak membingungkan. Namun, langkah-langkah tersebut bisa Anda terapkan dengan cermat untuk menghasilkan ikan arwana yang berharga mahal. Jika Anda dapat melakukan persiapan ikan arwana untuk proses pemijahan dengan benar, kemungkinan besar Anda akan berhasil. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya : Ini Daftar Ikan Predator Untuk Pemula, dan Cara Merawatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *