Ikan Koi

Ingin Menjinakan Ikan Koi? Miliki 3 Perlengkapan Penting Ini

Ingin Menjinakan Ikan Koi_Miliki 3 Perlengkapan Penting Ini

Menjinakan Ikan koi memang sangat menyenangkan. Bangun tidur pagi hari lalu melihat koi berkerumun menyambut kedatangan Anda ke kolam. Pastinya itu membuat suasana pagi Anda jadi ceria dan menyenangkan.

Begitu pula ketika setelah seharian bekerja. Melihat ikan koi dengan antusias menyambut kepulangan Anda. Dijamin seketika rasa lelah dan stres Anda akan hilang.

Lalu bagaimana sih cara menjinakan ikan koi? Pada dasarnya ikan hias ini memiliki sifat yang jinak. Namun lingkungan dan cara perawatan Anda juga turut memberi andil.

Untuk itu berikan lingkungan yang baik, dan lakukan perawatan yang benar.  Salah satu cara untuk mewujudkannya tentunya dengan menyediakan perlengkapan perawatan yang mumpuni.

Artikel Sejenis: Cara Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula Agar Cepat Raih Cuan

3 Perlengkapan Penting yang Harus Anda Siapkan Untuk Menjinakkan Ikan Koi

Agar dapat menjinakkan ikan koi dengan mudah, buatlah mereka merasa nyaman terlebih dahulu. Salah satu cara untuk membuatnya nyaman adalah dengan melakukan perawatan dengan benar.

Maka dari itu untuk memudahkan dalam merawatnya Anda harus memiliki 3 perlengkapan penting berikut ini:

1. Pakan Berkualitas

Memberikan pakan adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan ikan koi Anda. Maka dari itu pilih pakan yang berkualitas. Tentunya yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan koi Anda.

Hindari memilih pakan murahan yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi Anda. Agar ikan koi Anda senang dan mendapatkan asupan nutrisi terbaik. Pilihlah pakan yang berkualitas seperti Mizuho Higrowth.

Mizuho Higrowth merupakan pakan koi import premium. Pakan ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan koi Anda.

Mengandung nutrisi lengkap, protein tinggi, dan mengandung enzim probiotik dan prebiotik. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan mendukung pertumbuhan ikan secara bersamaan.

Selain memberi pakan terbaik, cara memberikan pakan juga mempengaruhi dalam menjinakkan ikan koi. Sebaiknya berikan pakan secara rutin pada waktu yang sama setiap hari. 

Jangan memberikan pakan terlalu sering atau terlalu jarang, sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari. Berikan porsi yang cukup untuk dikonsumsi dalam waktu 5-10 menit.

Jangan berlebihan memberi pakan karena ini dapat memperburuk kualitas air kolam. Selain itu dapat berdampak buruk pada kesehatan ikan koi Anda.

Berikan pakan langsung dari tangan Anda akan lebih baik.  Jangan melempar pakan ke kolam. Hal ini dilakukan agar koi Anda merasa dekat dan mengenali Anda.

2. Alat Kebersihan Kolam

Kolam merupakan lingkungan tempat tinggal bagi ikan koi. Layaknya manusia yang membutuhkan lingkungan yang nyaman, begitu pula dengan ikan koi.

Mereka ingin tempat tinggal yang bersih dan bebas dari bakteri atau mikroorganisme. Ciptakanlah lingkungan yang tidak akan mengganggu kesehatan ikan koi Anda.

Untuk itu Anda harus mempersiapkan alat kebersihan kolam ikan koi. Kolam yang bersih dapat membuat ikan koi merasa nyaman dan bahagia. Ketika koi Anda senang cepat atau lambat mereka akan jinak pada Anda.

Berikut ini beberapa alat kebersihan yang harus Anda miliki untuk membersihkan kolam koi:

  1. Keset: Untuk membersihkan bagian luar kolam, termasuk dinding dan lantai kolam yang kotor.
  1. Jaring ikan: Jaring  digunakan untuk menangkap dan memindahkan ikan ke tempat yang aman. Biasanya dilakukan ketika kolam sedang dikuras.
  1. Skimmer: Untuk mengambil daun dan kotoran di permukaan air kolam.
  1. Pompa air: Untuk mengalirkan air di dalam kolam, sehingga air selalu segar dan bersih. Pilihlah pompa terbaik seperti produk dari Matala Linear Diaphragm Air Pumps.
  1. Filter: Untuk membersihkan air dari kotoran dan bakteri. Sehingga air kolam akan selalu bersih dan jernih. Kami rekomendasikan produk Matala Filtration Media. Ini merupakan media filter asli berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk kolam koi.
  1. Vacuum: Untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan yang berada di bagian dasar kolam. Kami merekomendasikan produk Matala Pond Vacum II, merupakan mesin vacum air kolam dengan kualitas tinggi.
  1. Alat uji air: Untuk menguji kualitas air kolam seperti pH, kadar amonia, dan nitrit.

Pastikan Anda selalu memperhatikan kebersihan kolam ikan koi secara rutin. Selalu gunakan alat kebersihan yang tepat agar ikan koi Anda tetap sehat dan bahagia. Kamu bisa mendapatkan produk-produk berkualiatas diatas di Platinum Adi Sentosa.

Artikel Sejenis: Cara Mudah Raih Cuan Dari Bisnis Koi Farm (Budidaya Ikan Koi)

3. Obat dan Alat Kesehatan IKan Koi

Dalam Memelihara ikan hias pastinya akan menemui beberapa penyakit, tak terkecuali ikan koi. Jika mereka sakit tentunya akan membuatnya tidak bahagia bahkan mati. Jika hal tersebut terjadi maka jangan harap koi Anda akan jinak.

Untuk itu Anda juga perlu menyediakan obat atau peralatan kesehatan. Ini untuk mencegah atau mengobati penyakitnya.

  • Obat anti jamur: Digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada ikan koi. Beberapa contoh obat anti jamur adalah Malachite Green, Formalin, dan Methylene Blue.
  • Obat anti bakteri: Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada ikan Koi. Obat anti bakteri yang umum digunakan untuk ikan koi adalah Erythromycin dan Tetracycline.
  • Obat anti parasit:  Obat ini untuk mengobati infeksi parasit pada ikan koi. Seperti Ichthyophthirius multifiliis (Ikan Putih). Contoh obat anti parasit adalah Formalin dan Copper Sulfate.
  • JPD Koi Food Medicarp Max: Pakan premium yang dikembangkan untuk pemeliharaan kesehatan koi. Mengandung  probiotik, bakteri hidup (toyoserin), lactobacillus dan Bacillus Natto yang dapat melindungi mukosa.
  • Wadah karantina: Wadah ini digunakan untuk memisahkan ikan koi yang sakit. Hal ini akan membantu mencegah penyebaran penyakit pada ikan koi yang sehat. Selain itu dapat memberikan kesempatan bagi ikan yang sakit untuk melalui proses penyembuhan.
  • Jaring Karantina: Ada baiknya memiliki jaring ikan yang khusus untuk mengkarantina ikan koi. Jangan dicampur dengan jaring untuk ikan koi yang sehat. Langkah ini dilakukan untuk menghindari penularan penyakit pada ikan koi lainnya.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat dan alat kesehatan ikan koi dengan benar.  Konsultasi dengan ahli jika ikan Koi Anda memiliki masalah kesehatan yang serius.

Artikel Sejenis: Informasi Dasar yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Import Koi Japan

Itulah 3 perlengkapan yang harus Anda miliki untuk menjinakan ikan koi. Jika Anda telah memilki ketiganya, mungkin saja dalam waktu singkat Anda dapat menjinakan Ikan koi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: JPD, Produk Pakan Dengan Probiotik, Penting Untuk Ikan Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *