Ikan Goldfish, Obat Ikan Hias, Supplement Ikan Hias

3 Aspek Penting Dalam Pemeliharaan Goldfish di Kolam Outdoor

3 Aspek Penting Dalam Pemeliharaan Goldfish di Kolam Outdoor

Bagi para pecinta ikan hias yang memiliki halaman luas, tentunya melakukan pemeliharaan goldfish di kolam outdoor dapat menjadi pengalaman yang memuaskan. Selain itu, akan memperindah tampilan halaman rumahnya. Maka dari itu, banyak yang tertarik untuk membuat kolam outdoor untuk tempat tinggal goldfish (ikan mas koki) di pekarangan rumahnya.

Jika Anda salah satu yang tertarik untuk memelihara goldfish di luar ruangan, ada baiknya Anda memastikan kesehatan dan kebahagiaan goldfish Anda, dengan memperhatikan perawatannya yang benar. Terutama memperhatikan aspek penting ketika memelihara goldfish di luar ruangan.

Baca Artikel Sejenis: Ternyata Ini Cara Pemilihan Ikan Mas Koki yang Bagus & Sehat

3 Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Pemeliharaan Goldfish di Kolam Outdoor

Pemeliharaan goldfish di kolam outdoor membutuhkan perhatian khusus agar ikan-ikan ini tetap sehat, bahagia, dan tumbuh dengan baik. Berikut adalah tiga aspek penting yang perlu diperhatikan dalam merawat goldfish Anda di lingkungan kolam terbuka.

Sistem Filtrasi Kolam Goldfish Outdoor

Sistem filtrasi kolam goldfish outdoor yang efektif sangat penting dalam menjaga kualitas air kolam dan kesehatan goldfish. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu dipertimbangkan:

1. Filter Mekanis

Gunakan filter mekanis untuk menyaring partikel-partikel besar dan sisa-sisa makanan dari air. Pastikan membersihkan filter secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran.

Gunakan Matala Filter dan Matala Filter Brush, yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, keduanya filter mekanis untuk menyaring kotoran padat sebelum air mencapai filter biologis.

2. Filter Biologis

Filter biologis membantu mengurai limbah nitrogen menjadi senyawa yang lebih aman. Tambahkan bakteri baik ke kolam untuk membantu proses filtrasi biologis.

Gunakan Hel-X dan Shirogane Bacteria House. Hel-X dapat memfasilitasi proses nitrifikasi yang melibatkan bakteri baik, sedangkan Shirogane Bacteria House menyediakan tempat tinggal bagi bakteri tersebut.

Filter Mekanis

3. Sistem Sirkulasi

Pastikan ada sistem sirkulasi air yang baik untuk mencegah stagnasi. Posisikan jet atau pompa sirkulasi untuk mengoptimalkan distribusi oksigen.

Gunakan Geysermax untuk optimalisasi siklus perputaran dalam satu jam, mencegah penumpukan zat berbahaya, menjaga kejernihan air, dan mendukung ekosistem sehat di kolam.

Matala Geysermax - Flow Pump_Spesifikasi

Baca Artikel Sejenis: Begini Cara Pencegahan Parasit Pada Ikan Hias yang Efektif

Pemberian Pakan yang Tepat

Pemberian pakan yang tepat juga merupakan aspek penting dalam pemeliharaan goldfish untuk memastikan kesehatan, pertumbuhan, dan warna yang optimal. Berikut adalah beberapa panduan untuk memberikan pakan yang sesuai bagi goldfish Anda:

1. Varietas Pakan

Berikan variasi pakan, termasuk pakan pelet berkualitas tinggi, sayuran segar, dan pakan hidup seperti cacing atau larva serangga.

Pilih pakan yang dirancang khusus untuk goldfish untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Seperti Mizuho Goldfish, Mizuho Goldfish Baby (khusus untuk anakan goldfish), JPD Kingyo Zen Gain Weight & Color Enhancer, JPD Goldfish Color, JPD Shori Goldfish, dan JPD Goldfish Food Kingyo Zen Mocus.

Varietas Pakan

2. Frekuensi Pemberian Makan

Beri makan goldfish dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hindari overfeeding, yang dapat mengakibatkan peningkatan limbah dan masalah kualitas air.

3. Sesuaikan Pola Makan Dengan  Musim

Sesuaikan pola pemberian makan dengan musim. Selama musim dingin, goldfish cenderung kurang aktif, sehingga jumlah pakan dapat dikurangi.

Baca Artikel Sejenis: Tips Memilih Goldfish Berkualitas Beserta Cara Merawatnya

Pencegahan dan Pengobatan Masalah Kesehatan Kolam Outdoor

Pencegahan dan pengobatan masalah kesehatan dalam kolam outdoor memainkan peran krusial dalam menjaga kondisi optimal bagi ikan dan ekosistem kolam. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah serta mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul:

1. Karantina untuk Ikan Baru

Sebelum menambahkan ikan baru, harus diasumsikan bahwa ikan baru tersebut mungkin memiliki penyakit. Karantina mereka terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan bakteri dan parasit.

2. Pengobatan Pada Masalah Parasit dan Bakteri Dengan Kill dan Bacta

Masalah pada goldfish dapat berasal dari dua hal, yaitu parasit dari luar seperti gill fluke dan skin fluke. Masalah kedua adalah bakteri. Gejalanya meliputi infeksi pada kepala yang mirip dengan jerawat pada manusia, namun terjadi pada sirip dan muncul bercak merah di tubuh serta potongan-potongan sirip.

Untuk kedua masalah tersebut solusinya adalah produk dari Produk CZ Aqua Product, yaitu Kill dan Bacta.

Pengobatan Pada Masalah Parasit dan Bakteri Dengan Kill dan Bacta

Gunakan produk Kil untuk membunuh atau  mengatasi parasit dari luar. Kill berfungsi untuk menyembuhkan ikan dari white spot dan membunuh parasit eksternal seperti dactylogyrus, hexamita (lubang di kepala), tetrahymena, lendir berpasir pada discus, insang trichodina. Produk ini dapat menjadi solusi perawatan untuk karantina ikan baru.

Untuk masalah bakteri gunakan produk Bacta. Produk yang memiliki formulasi khusus sebagai antibiotik untuk menyembuhkan infeksi bakteri semua jenis ikan, seperti Pop Eye, Duck Lip, pembusukan ekor dan sirip, luka dan abses. Bacta juga dapat digunakan untuk karantina ikan baru.

Pemakaian produk biasanya dapat dilakukan bersamaan, namun perlu diingat bahwa Kill dapat bertahan di air selama 3 hari, sementara Bacta hanya 1 hari. Oleh karena itu, penggunaannya perlu disesuaikan. 

Untuk saran pemakaian sebaiknya pertama-tama, gunakan Kill pada hari pertama, hari keempat, dan hari ketujuh untuk membersihkan parasit dari luar. 

Gunakan Kill selama 7-10 hari untuk memastikan eliminasi parasit dan ikan bersih, jika masih ada tanda-tanda kurang vitalitas, Bacta dapat dicoba dalam satu hari.

4. Mengatasi Masalah Swim Bladder Dengan Kenta Gas

Swim Bladder memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ikan, dan sebaiknya berfungsi setidaknya 50%. Jika terdapat banyak gas di dalamnya suatu hari, ikan dapat terbalik atau mengapung. 

Gas tersebut sebenarnya berada di usus goldfish yang sangat panjang. Jika pakan tertahan terlalu lama di usus, fermentasi dapat terjadi. Saat terjadi fermentasi, gas tersebut tidak keluar ke bawah, melainkan malah naik ke atas dan dapat mempengaruhi swim bladder.

Pemberian Kenta gas dapat menjadi suplemen yang membantu melepaskan gas pada goldfish, membantu menjaga kesehatan dan fungsi swim bladder.

Kenta Gas mengandung probiotik berprotein tinggi dari tepung ikan, gandum, jahe serta ragi torula yang diformulasikan dengan Enzim Protease, Vit. C, serta multivitamin dan mineral penting lainnya. Kandungan tersebut berguna untuk mengobati Swim Bladder Disorder.

Baca Artikel Sejenis: Probiotik Untuk Oranda Goldfish: Manfaat dan Tips Memilihnya

Penting untuk dicatat bahwa gas berasal dari dalam tubuh ikan, bukan dari luar. Oleh karena itu, klaim bahwa Swim Bladder Disorder disebabkan oleh terlalu sering makan pakan floating dan masuk udara yang merusak swim bladder tidaklah benar. Karena ketika goldfish makan pelet floating secara otomatis udara tersebut akan keluar melalui insang.

Perlu Anda ketahui bahwa produk-produk pendukung yang telah disebutkan diatas, dapat didapatkan melalui Platinum Adi Sentosa.

Baca Artikel Lainnya: Jaga Kualitas Air Kolam Ikan Dengan 4 Elemen Penting Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *